Varian Baru Omicron, Syamsuar: Segera Lengkapi Dosis Vaksin

gubri-syamsuar-divaksin.jpg
(WAYAN/ RIAUONLINE)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dengan ditemukannya subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau masyarakat agar dapat segera melengkapi dosis vaksinasi.

"Saya imbau masyarakat segera vaksinasi. Baik itu dosis I, II, maupun booster untuk pencegahan," katanya.

Selain itu, Syamsuar juga meminta masyarakat Riau agar tetap disiplin protokol kesehatan. Lebih lanjut, Syamsuar meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin.

Tujuan dibukanya tempat vaksin ini agar masyarakat yang belum melakukan vaksin booster bisa segera divaksin.

"Saya sudah minta kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sendiri menemukan subvarian baru yang dinamai BA.4 dan BA.5. Varian-varian ini pertama kali ditemukan pada empat orang, 6 Juni 2022 lalu.


 

 

Keempat orang yang terjangkit Covid-19 varian baru ini sudah melakukan vaksinasi lengkap. Adapun dari keempat orang tersebut, tiga di antaranya merupakan warga negara asing (WNA). Mereka terdeteksi terjangkit virus tersebut saat melakukan entry swab test di Bali.

Lebih lanjut Kemenkes memastikan kondisi saat ini masih relatif aman walau mulai terjadi kenaikan kasus Covid-19. Sebab dari data yang dipaparkan kementerian, tingkat positivity rate Indonesia masih berada di angka 1,15 persen atau berada di bawah ambang batas 5 persen.

Meski begitu, Kemenkes mengimbau kepada masyarakat untuk segera mendapat suntikan vaksinasi dosis ketiga. Vaksinasi booster sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya lonjakan gelombang kasus Covid-19 selanjutnya.