2.320 Jemaah Haji Akan Diberangkatkan ke Tanah Suci Pertengahan Juni

Mahyudin3.jpg
(Muthi Haura/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin mengatakan, di Provinsi Riau mengalami perubahan kuota jemaah haji.

Sebelumya hanya 2.304 jemaah, saat ini sudah ada sebanyak 2.320 kuota jemaah dari Provinsi Riau yang akan diberangkatkan ke tanah suci.

"Perubahan ini karena adanya mutasi. Misalnya dia dari Jawa Timur, bisa berangkat dari Pekanbaru. Hal itulah yang membuat jemaah terus meningkat," katanya, Senin, 30 Mei 2022.

Mahyudin menjelaskan, untuk administrasi keberangkatan jamaah haji tidak terlalu sulit. Hal ini karena, di tahun 2020 jemaah yang akan diberangkatkan sudah mengumpulkan paspor.

Namun, di tahun 2020 batal berangkat, paspor tersebut dikembalikan lagi. Mahyudin mengaku, di tahun 2022 ini, pihaknya lebih dimudahkan dalam pengurusan administrasi dibanding sebelumya tahun 2020.


 

 

"Paspor sudah kita scan dan sudah dikirim ke Jakarta. Persoalan kita adalah lebih singkat persiapannya dibanding kan dahulu," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahyudin juga mengatakan, pihaknya berkomitmen mengutamakan pelayanan lebih untuk jamaah haji.

"Kami akan mengutamakan pelayanan. Bagaimana dari mulai mereka masuk asrama sampai berangkat ke Saudi dan balik lagi ke tanah air. Kita akan coba tingkatkan pelayanannya melalui embarkasi Batam," pungkasnya.