Sekda Tampik Kabar Wali Kota Firdaus Terkonfirmasi Omicron

Muhammad-Jamil22.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyebut bahwa kondisi Wali Kota Pekanbaru, Firdaus sudah membaik. Dirinya menampik adanya kabar wali kota terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

"Kondisi Wali Kota Pekanbaru sehat walafiat, tadi beliau sudah mulai beraktivitas. Cuma butuh istirahat setelah perjalanan ke luar negeri kemarin," ujarnya, Selasa sore, 19 April 2022.

Namun Firdaus belum beraktivitas pasca kembali dari kunjungan luar negeri ke Maroko dan Turki. Ia juga belum tampak menghadiri agenda pemerintah kota selama satu pekan lebih.

Saat ditanya mengapa Sekda menggantikan wali kota dalam agenda Selasa ini, dirinya mengaku bahwa wali kota sedang menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Cuma beliau tadi itu check-up rutin saja, bukan karena Covid-19 ya. Karena kalau check-up itu kan dari pagi sampai siang habis waktu, mudah-mudahan bisa beraktivitas seperti biasa," paparnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy membenarkan kondisi kesehatan Wali Kota Pekanbaru sempat menurun. Ia pun mendapatkan perawatan di rumah.


Menurutnya, wali kota cuma mengalami flu dan radang tenggorokan. Zaini berharap dengan istirahat yang cukup serta mengkonsumsi vitamin wali kota bisa sembuh dan beraktivitas kembali.

"Kalau ada sebagian informasi menyebut pak wali kota terkonfirmasi Omicron, di sini kami sampaikan itu tidak benar," tegasnya.

Kondisi Firdaus kurang sehat sepulang dari kunjungan kerja luar negeri. Ia mengalami gejala batuk, pilek dan flu sepulang dari luar negeri.

 

 

"Informasi yang kita terima sejak beliau pulang dari kunjung kerja ke luar negeri, beliau dalam kondisi kurang sehat," ujarnya.

Menurutnya, tim medis dari RSD Madani sudah menyarankan agar wali kota rehat sementara di rumah untuk mengembalikan stamina. Kondisi saat ini terjadi karena faktor kelelahan.