Menteri Dalam Negeri Malaysia, Dato Seri Hamzah bin Zainuddin Kunjungi Air Tiris

Dato-Seri-Hamzah-bin-Zainuddin.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menteri Dalam Negeri Malaysia Dato’ Seri Hamzah bin Zainuddin berkunjung ke Air Tiris Kabupaten Kampar, Selasa, 25 Januari 2022 pukul 17.50 WIB.

 

Dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID, kedatangan Dato’ Seri Hamzah didampingi oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Puluhan masyarakat setempat juga turut menyamput kedatangan sang Dato’.

 

Di tengah rintik hujan, kedatangan dato’ diiringi musik tradisional khas daerah setempat, Dato’ Seri Hamzah memasuki halaman Masjid Jami’ Kampar.

 

 

Dato’ Seri Hamzah mengungkapkan rasa kagumnya terhadap arsitektur bangunan Masjid Jami’. Menurutnya, masjid tersebut membuktikan betapa hebatnya orangtua di Riau karena bisa membangun dan mempertahankan Masjid Jami’ hingga kini. 

 


"Di sini kita boleh saksikan bahwasanya orang Riau itu Hebat. Terbukti dari dahulu telah dibangun masjid yang kokoh ini. Berdiri sejak ratusan tahun lalu,” katanya.

 

Seperti diketahui, Masjid Jami' sendiri merupakan objek wisata religi sekaligus cagar budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kampar. Berada di Jalan Pasar Usang, Kelurahan Air Tiris, Kecamatan Kampar. 

 

Arsitektur bangunan Masjid Jami' Air Tiris menunjukkan adanya perpaduan budaya Melayu dan China, dengan atap tiga tingkat berbentuk limas. Seluruh bangunannya terbuat dari kayu. Setiap dinding masjid terdapat ukiran yang memiliki makna.

 

 

"Saya dilahirkan di Malaysia, tetapi nenek saya dilahirkan di sini dan kemudian merantau ke Malaysia. Riau dan Malaysia memiliki banyak kesamaan, mulai dari bahasa, budaya, dan agama,” pungkasnya.

 

Usai memberikan sambutan, Dato' Seri Hamzah bersama Gubernur Riau dan Bupati Kampar dijamu untuk makan bejambau khas Air Tiris