Mari Mengenali 9 Kerajaan Melayu Kuno

Candi-Muara-Takus2.jpg
((BARRY KUSUMA))

Laporan Linda Mandasari 

RIAUONLINE, PEKANBARU-Manusia membentuk pemukiman pemukiman tersendiri di pinggir-pinggir pantai maupun sungai. Pengelompokan ini memerlukan pengaturan sebagaimana sifat fitrah manusia.

Sifat tersebutlah yang menjadi jika bakal berdirinya kerajaan kerajaan Melayu kuno dan kedaulatannya. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, Mari kenali 9 kerajaan kerajaan Melayu kuno, simak ulasannya berikut ini.

9 kerajaan kerajaan Melayu kuno

1. Kandis dan koto alang

Kerajaan Kandis merupakan salah satu kerajaan tua yang pernah ada di Riau. Catatan tentang kerajaan Kandis ditemukan dalam kitab negara kertagama yang menyebutkan bahwa hadis merupakan salah satu kerajaan yang berada dalam taklukan Majapahit.

Daerah kekuasaan kerajaan Kandis diperkirakan meliputi daerah kuantan sekarang ini yaitu mulai dari hulu batang kuantan negeri lubuk ambacang sampai ke cerenti.  Kawasan yang sama ditemui pula beberapa kerajaan. Di antara kerajaan tersebut adalah Koto Alang, kerajaan ini diperkirakan berdiri sebelum masehi sampai abad ke-2.

 

2. Katangka

Kerajaan bernama Katangka, berada di dekat muara Takus kabupaten Kampar. Sebutan Katangka dapat bermakna sebagai bangunan yang berbentuk stupa, dapat juga bermakna tempat suci.

 

Pemaknaan kata disebut juga mengacu pada makna liku, ukiran dan tanda. Kemudian makna selanjutnya adalah tempat tinggi sebagai tempat pengintaian. Hal ini sejalan dengan keberadaan Katangka di suatu tempat yang tinggi dibandingkan dengan sekitarnya.

 

3. Sriwijaya

Sriwijaya berada di pantai timur semenanjung Melayu kemudian pindah ke muara Takus. Faktor utama yang memperkuat muara Takus sebagai peserta wijaya adalah posisi yang terletak di pinggir sungai yakni sungai Kampar yang pada waktu dahulu dapat dilayari kapal sampai ke hulu, dengan muaranya di selat Malaka.

Kemudian banyak ditemui bangunan besar dan peninggalan-peninggalan lain.


 

4. Sintong dan siarang-arang

Penemuan benda yang tergolong kuno di Riau sekaligus menunjukkan kedaulatan adalah di Sintong dan siarang arang, kajian terhadap kerajaan ini masih terbatas sehingga tempat ini belum sebaik muara Takus.

Banyak benda-benda peninggalan sudah beralih fungsi bagan dilaporkan sempat menjadi tiang panggung rumah penduduk.

 

5. Kuantan

Indonesia, Mari kenali 9 kerajaan kerajaan Melayu kuno selanjutnya adalah kerajaan Kuantan. Kerajaan Kuantan merupakan kelanjutan dari kerajaan Kandis itu sendiri.

Kuantan tidak memiliki raja, pada saat itu datang rombongan dari Raja Bintan kedatangan sang sapurba sangat dielukan oleh paket kuantan sehingga sang sapurba kemudian diangkat menjadi raja kuantan.

 

6. Keritang

Kerajaan keritang terpusat di pinggir sungai gangsal. Pada saat itu kerajaan ini merupakan sebuah kerajaan yang cukup besar sehingga Majapahit sangat menganggap penting kerajaan tersebut, berakhirnya kerajaan keritang disebabkan oleh karena rajanya yang bernama Raja merang ditawan oleh Melaka.

 

7. Gasib

Kerajaan gasib atau Siak gasib diperkirakan berdiri pada abad ke 14 sampai 15 Masehi. Kerajaan gasib menguasai wilayah sepanjang sungai Siak.

Tidak diketahui secara jelas tentang jumlah raja yang memerintah gasib, khususnya pada periode Hindu Budha.

 

8. Segati

Kerajaan ini terletak di hulu sungai Segati, di tepi sungai Kampar. Kerajaan segati didirikan oleh Tuk Jayo Sati. Keturunan Maharaja Olang.

Pusat kerajaan pertama kali terletak di Tanjung Bungo, namun kemudian atas prakarsa putranya yang bernama Tuk Jayo Tunggal, pusat kerajaan di pindahkan ke Ranah Gunung Setawar, di hulu sungai segati.

 

 

9. Pekantua

Kerajaan ini berlokasi di hulu sungai pekantua, Pelalawan. Kerajaan ini didirikan oleh Maharaja Indra dari kerajaan tumasik (Singapura).

Di pekan tua Maharaja Indra membangun istananya di pematang tua. Dibangunnya pula sebuah candi sebagai ungkapan rasa syukur atas alamatnya beliau ketika Singosari menyerang ke masjid sekitar tahun 1380. Diperkirakan kerajaan pekantua didirikan pada penghujung abad ke-14 Masehi.

Sekian informasi mengenai Indonesia, Mari kenali 9 kerajaan kerajaan Melayu kuno. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.