5 Fungsi, Ciri-ciri Nilai Sosial dan Fungsi Norma Sosial

pertemanan4.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Nilai definisikan sebagai konsepsi yaitu pemikiran abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan buruk.

Nilai sosial sebagai unsur-unsur abstrak dan sering tidak disadari oleh apa yang benar dan penting dalam masyarakat. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Sosiologi, 5 fungsi, ciri-ciri nilai sosial dan fungsi norma sosial, simak ulasannya berikut ini.

Nilai kebudayaan pada dasarnya mencakup nilai hakikat hidup manusia, nilai hakikat karya manusia, hakikat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, nilai hakikat hubungan manusia dengan alam, dan nilai hakikat hubungan manusia dengan sesamanya.

Konstruksi masyarakat sebagai hasil interaksi antar warga masyarakat.

  • Disebarkan antara sesama warga masyarakat.
  • Bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan maupun kepuasan sosial manusia.
  • Terbentuk melalui sosialisasi dan memiliki pengaruh yang berbeda antar warga masyarakat.
  • Cenderung berkaitan satu sama lain dan membentuk sistem nilai.

 

 

Fungsi nilai sosial diantaranya


  • Dapat menyumbangkan seperangkat alat untuk menetapkan harga sosial dari suatu kelompok.
  • Mengarahkan masyarakat dalam berpikir dan bertingkah laku.
  • Penentu terakhir manusia dalam memenuhi peranan peranan sosial.
  • Alat solidaritas di kalangan anggota kelompok masyarakat.
  • Alat pengawas atau kontrol perilaku manusia dengan daya tekan dan daya mengikat tertentu agar orang mau berperilaku sesuai dengan sistem nilai.

 

Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat. Norma dipakai sebagai panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Kaidah atau norma yang ada di dalam masyarakat adalah aplikasi atau perwujudan dari nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat.Norma sosial yang mengatur masyarakat bersifat formal dan nonformal yaitu nonformal bersumber dari lembaga masyarakat atau institusi formal dan biasanya tertulis, sedangkan norma nonformal biasanya tidak tertulis dan jumlahnya lebih banyak dari norma formal.

Sosiologi, 5 fungsi, ciri-ciri nilai sosial dan fungsi norma sosial

Norma-norma yang berlaku di masyarakat dapat diklasifikasikan menjadi lima jenis sebagai berikut.

 

Dilihat dari kekuatan mengikat terhadap anggota masyarakat, norma dibedakan menjadi beberapa tingkatan diantaranya cara, kebiasaan, tata kelakuan dan adat istiadat.

Sekian informasi mengenai Sosiologi, 5 fungsi, ciri-ciri nilai sosial dan fungsi norma sosial. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.