4 Manfaat Buah Stroberi bagi Kesehatan

stroberi5.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Stroberi merupakan tanaman buah herbal yang ditemukan pertama kali di Chili, Amerika. Kemudian menyebar luas ke seluruh dunia. Dan kini stroberi sangat mudah kita jumpai di pasar maupun swalayan.

Buah stroberi yang berwarna merah menunjukkan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan yang tinggi karena kandungan antioksidan yang tinggi telah stroberi mempunyai manfaat yang sangat banyak.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Buah, 4 manfaat buah stroberi bagi Kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

Buah stroberi kaya akan vitamin C, rendah kalori, serat, potassium, asam ellagic dan folat. Kebutuhan vitamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi dengan mengkonsumsi 8 buah stroberi setiap hari.

 

Hewan warna buah yang merah mencolok kertas rasa yang manis segar lah menempatkan buah stroberi sebagai tanaman buah yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Warna dan rasanya yang khas membuat buah stroberi banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Berikut 4 manfaat buah stroberi bagi Kesehatan, diantaranya :

Menurunkan resiko kanker saluran pencernaan

Beberapa senyawa fitokimia yang terdapat pada buah stroberi di antaranya adalah antosianin, asam ellagic, katekin, kaempferol dan kuaerferin. Antosianin tergolong dalam komponen flavonoid yang merupakan pigmen pemberi warna merah pada stroberi.


Antosianin memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah serta melindungi terhadap masalah-masalah yang disebabkan oleh diabetes. Stroberi juga mengandung senyawa fitokimia yang disebut etlagic acidyaitu suatu persenyawaan fenol yang berpotensi sebagai antikarsinogen dan anti mutagen yang memicu timbulnya kanker tersebar luas di lingkungan.

Kandungan fitokimia ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan berguna sebagai antivirus.

Mencegah tekanan darah tinggi

Fungsi sekunder antioksidan yaitu memperlambat laju autooksidasi dengan berbagai mekanisme di luar mekanisme pemutusan rantai autooksidasi dengan perubahan radikal dipindah ke bentuk lebih stabil.

Penambahan antioksidan primer dengan konsentrasi rendah pada lipida dapat menghambat atau mencegah reaksi autoredoks nasi lemak dan minyak.

Penambahan tersebut dapat mengalami reaksi oksidasi pada tahap inisiasi maupun propagasi radikal-radikal antioksidan yang terbentuk pada reaksi tersebut relatif stabil dan tidak mempunyai cukup energi untuk dapat bereaksi dengan molekul lain membentuk radikal Ipin terbaru. Penularan penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh stres oksidatif.

Mencegah terjadinya aterosklerosis

Buah, 4 manfaat buah stroberi bagi Kesehatan selanjutnya adalah antosianin yang terkandung pada buah stroberi merupakan salah satu bagian penting dalam kelompok pigmen setelah klorofil.

Antosianin larut dalam air yang menghasilkan warna dari merah sampai biru dan tersebar luas dalam buah, bunga dan daun. Antosianin umumnya ditemukan pada buah-buahan, sayuran dan bunga contohnya pada kol merah, anggur, strawberry dan lain sebagainya.

Salah satu fungsi antosianin adalah sebagai antioksidan di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis dan penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Mencegah penyakit kanker jantung

Antosianin merupakan antioksidan alami yang dapat mencegah penyakit kanker jantung. Karena antosianin merupakan sub tipe senyawa organik dari keluarga flavonoid dan merupakan anggota kelompok senyawa yang lebih besar yaitu polifenol.

Beberapa senyawa antosianin yang paling banyak ditemukan adalah pelargonidin, peonidin, sianidin dan delfanidin. Antosianin merupakan salah satu bagian penting dalam kelompok pigmen setelah klorofil.

Sekian informasi mengenai Buah, 4 manfaat buah stroberi bagi Kesehatan. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.