10 Cara Belajar Efektif dan Efisien

tahapan-belajar4.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sejak manusia dilahirkan, manusia telah dihadapkan dengan kewajiban untuk belajar segala hal seperti, belajar makan, berjalan hingga belajar untuk menimba ilmu agar mencapai kehidupan yang lebih baik dikemudian hari.

Namun, banyak orang yang masih berasumsi bahwa belajar merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan, karena hal itu banyak diantara kita semua kurang memahami materi ketika belajar.

Untuk itu diperlukan cara belajar yang efektif dan efisien. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Cerdas, 10 cara belajar efektif dan efisien, simak ulasannya berikut ini.

1.Jadikan belajar menjadi kebutuhan

Kebutuhan merupakan keharusan yang wajib untuk diupayakan. Jadikan belajar menjadi kebutuhan, hal tersebut akan membuat anda lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.

 

Kesungguhan tersebut kan membuat anda tidak hanya belajar saat sedang mood saja, melainkan juga belajar di setiap waktu tanpa merasa berat. Dengan demikian, ilmu yang anda pelajari pun akan menjadi lebih mudah meresap ke dalam ingatan.

2. Memilih tempat belajar yang disukai

Dengan emilih tempat yang disukai akan membuat merasa nyaman dan senang untuk belajar, anda bisa menata mood menjadi lebih baik sehingga belajar pun menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Anda bisa memilih tempat yang tenang, jauh dari kebisingan agar lebih konsentrasi.

3. Belajar sebentar dan konsisten

Jangan belajar terlalu banyak pelajaran dalam satu waktu. Sebaiknya, anda mencicil pelajaran sedikit demi sedikit. Maka dari itu, sebaiknya anda belajar setiap hari, namun konsisten atau berkelanjutan.

Cara ini tentu lebih efektif dibandingkan anda mempelajari semua pelajaran dalam waktu yang lama dan tidak konsisten. Belajar dengan “sistem kebut semalam” hanya akan menimbulkan tekanan secara psikologis sehingga ilmu pun akan sulit anda erap dengan baik.

4. Pahami pelajaran

Jangan hanya sekedar menghafalkan pelajaran karena cara tersebut akan membuat ilmu yang dihafalkan mudah untuk dilupakan dan tidak meninggalkan manfaat apapun.


Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda memahami ilmu yang sedang dipelajari, bukan hanya menghafalkannya. Dengan memahami ilmu tersebut, ilmu tersebut akan membekas dalam ingatan anda dan kita bisa kembali memunculkan ilmu tersebut dalam ingatan saat dibutuhkan kapan pun.

5. Berdiskusi

Cerdas, 10 cara belajar efektif dan efisien selanjutnya adalah berdiskusi. Cobalah berdiskusi dengan teman untuk bertukar pikiran dan membahas materi yang dipelajari.

Jika anda merasa nyaman dan lebih mudah memahami materi, maka berdiskusi dengan teman bisa menjadi cara belajar efektif untuk anda

6. Lakukan latihan, jangan menyerah jika gagal

Latihan materi yang dipelajari akan membuat seseorang lebih siap, dan memiliki pengalaman. Namun jika anda mengalami kegagalan, cobalah kembali menggunakan cara kerja yang lain hingga anda bisa berhasil melakukan apa yang anda inginkan. Inilah cara belajar yang benar-benar efektif bisa membuahkan hasil yang baik.

7. Sukai mata pelajaran

Menyukai hal yang sedang dipelajari akan sangat berpengaruh terhadap keefektifan dan keberhasilan belajar. Anda juga akan lebih bersemangat untuk menerima dan menyerap ilmu yang didapat.

Hal ini berbeda jika anda merasa tidak suka belajar mata pelajaran tertentu, anda akan mudah merasa terpaksa untuk belajar dan tentu hasil dari belajar yang seperti ini akan tidak optimal.

8. Manfaatkan fasilitas yang tersedia

Di zaman modern seperti saat ini, banyak fasilitas belajar yang tersedia yang dapat anda akses. Anda bisa belajar dari internet, video, hingga televisi yang menyediakan tayangan edukatif.

Manfaatkan semua fasilitas sebagai pendukung proses belajar. Biasanya, materi pelajaran yang disediakan di internet, video atau tayangan edukasi telah dikemas semenarik dan sesederhana mungkin sehingga anda bisa dengan mudah mencerna materi yang diberikan

9. Buat review materi

Cobalah untuk membuat review materi yang sedang dipelajari, misalnya dengan membuat peta konsep dari semua materi yang sedang dipelajari. Dengan begitu akan memudahkan anda untuk memahami intisari dari ilmu yang sedang dipelajari.

 

 

 

10. Buat rangkuman

Buatlah rangkuman atau kesimpulan dari materi yang sedang dipelajari. Hal ini akan menunjukkan apa saja hasil dari kegiatan belajar anda sehingga anda bisa membaca kesimpulan ini berulang kali untuk membuat ilmu semakin tertanam di otak.

Sekian informasi mengenai Cerdas, 10 cara belajar efektif dan efisien. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : (https://dosenpsikologi.com/cara-belajar-efektif-menurut-psikologi )

Oleh : Hana Masita