Syamsuar Paparkan Deretan Objek Wisata di Provinsi Riau

gubri-ajak-makan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan Provinsi Riau terdiri dari 12 kabupaten/ kota. Masing-masing daerah memiliki potensi berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

 

Provinsi Riau ini terdiri dari daratan dan kepulauan serta jumlah penduduk Provinsi Riau sekitar 6,3 juta jiwa.

 

"Ada beberapa lokasi pariwisata di Provinsi Riau yang telah ditetapkan secara nasional seperti di Pulau Jemur di Kabupaten Rokan Hilir," katanya.

 

Syamsuar menjelaskan, untuk Pulau Jemur ini berbatasan langsung dengan Malaysia. Di Pulau Jemur terdapat penyu yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai cagar budaya penyu. 

 

 


Selain Pulau Jemur, ada beberapa tempat pariwisata lainnya yang ada di Provinsi Riau. Ada Candi Muara Takus yang berada di Kabupaten Kampar.

 

Di Kabupaten Siak Sri Indrapura juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya sebagai kota pusaka. Ditetapkan oleh Menteri PU dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

 

"Ada juga Bukit Tigapuluh merupakan taman Nasional yang berada di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu," ujarnya.

 

 

 

Lebih lanjut, Provinsi Riau juga terdapat kawasan wisata strategi nasional yaitu di Pulau Rupat, di Kabupaten Bengkalis. Pulau Rupat ini juga didampingi beberapa pulau kecil yang cukup indah. 

 

"Itulah beberapa daerah yang kami tampilkan tentunya untuk mendorong pariwisata yang ada di Provinsi Riau," pungkasnya.