Pantau Gambut Kembangkan Fitur Peatland Business Hub

pantau-gam.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Koordinator Nasional Pantau Gambut, Lola Abas mengatakan, Pantau Gambut mengembangkan sebuah fitur baru disitusnya.

Fitur yang dinamakan Peatland Business Hub adalah media perantara yang akan menghubungkan potensi komoditas di lahan gambut dengan investor publik dan swasta.

Di sini potensi komoditas dibangun dengan pertimbangan pemeliharaan lahan gambut berkelanjutan oleh masyarakat gambut sebagai pemangku kepentingan utama.

“Peatland Business Hub akan memuat informasi-informasi potensi komoditas gambut yang kemudian dapat digunakan oleh calon investor untuk menjajaki kerjasama investasi,” katanya.

Lola juga mengatakan, Pantau Gambut melihat besarnya potensi komoditas di lahan gambut yang dilakukan masyarakat desa. Pihaknya membantu menyiapkan media perantara untuk menghimpun informasi potensi komoditas dan membantu menghubungkan dengan investor.


Pantau Gambut juga akan membangun perantara ini sebagai sebuah ekosistem bisnis. Dengan demikian, komoditas dari lahan gambut dapat berkembang menjadi potensi ekonomi bernilai tambah.

“Hal ini akan menjaga keberlangsungan ruang hidup dan pendapatan masyarakat di lahan gambut sekalian memperkuat mindset masyarakat untuk selalu menjaga lahan gambut di sekitarnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lola menjelaskan, Pantau Gambut bekerjasama dengan ASYX Indonesia dalam membangun dan mengembangkan Peatland Business Hub.

Direktur Proyek Peatland Business Hub dari ASYX, Lishia Erza mengatakan, optimismenya, fitur baru ini akan memberikan ekosistem bisnis yang lebih baik bagi komoditas di lahan gambut.

“Fitur ini akan menghadirkan skema rantai pasok yang tepat untuk komoditas gambut, sehingga produk-produk dapat didistribusi dengan baik dan dibeli dengan harga yang pantas. Dengan teknologi digital, fitur ini akan hadir dengan informasi yang akurat dan terkini. Semoga ini membantu masyarakat/desa membangun ekonominya dan lebih bersemangat menjaga lahan gambut di sekitarnya,” pungkasnya.