2 Indikator Ini Sebabkan Kota Pekanbaru Belum Turun ke PPKM Level 1

Syoffaizal2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru ternyata belum bisa turun ke PPKM level 1. Padahal PPKM level 2 di Kota Pekanbaru sudah berlangsung dalam tiga tahap. Saat ini statusnya masih berada pada PPKM level 2 dan penerapannya berlanjut hingga 22 November 2021 mendatang.

 

Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Syofaizal mengatakan bahwa Kota Pekanbaru masih belum masuk PPKM level 1 lantaran vaksinasi lansia belum tercapai. Satu indikator lainnya yakni penelusuran kontak erat yang belum optimal. 

 

Untuk masuk ke PPKM level 1 capaian vaksinasi lansia harus di atas 60 persen. Penelusuran kontak erat juga belum tercapai 15 kontak erat pasien positif Covid-19. 

 

 

 

 

 

"Kita untuk kontak erat baru 11 orang lebih untuk satu pasien, sedangkan vaksin lansia juga baru 51 persen," paparnya, Kamis 11 November 2021.


 

Dia mengatakan, tim satgas terus berupaya untuk mencapai target vaksinasi lansia selama dua pekan ini. Ia juga menggesa agar tim kesehatan di 21 puskesmas harus optimal. 

 

Satu hari puskesmas harus bisa memberi vaksin bagi sekitar 40 orang lansia. Mereka harus beruoaya menggesa vaksinasi ini selama 13 hari ke depan. 

 

 

 

 

 

 

"Untuk kontak erat perlu dioptimalkan, walau tim masih mengalami kendala ke lapangan. Namun kita berupaya tim terus menggencarkan penelusuran kontak erat," jelasnya.

 

PPKM level 2 yang berlangsung selama dua pekan ke depan merupakan tahap IV. Hal ini sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri dan evaluasi PPKM.