Vaksinasi Belum Tercapai, PPKM Pekanbaru Bertahan di Level 2

firdaus43.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru belum turun level PPKM. Padahal, PPKM level 2 di Kota Pekanbaru sudah berlangsung dalam tiga tahap. Namun PPKM level 2 berlanjut hingga 22 November 2021 mendatang.

PPKM level 2 yang berlangsung selama dua pekan ke depan merupakan tahap IV. "Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri dan evaluasi PPKM, Kota Pekanbaru masih masuk PPKM level 2," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Selasa 9 November 2021.

Saat ini, kata Firdaus, fokus percepatan vaksinasi bagi lanjut usia atau lansia. Apalagi untuk masuk ke PPKM level 1 capaian vaksinasi lansia harus di atas 60 persen.

Sedangkan Kota Pekanbaru sekitar 51 persen. Masih ada sebelas ribu lansia yang harus suntik vaksin untuk mencapai 60 persen.


Firdaus mendorong lansia tersebut bisa mendapat suntik vaksin di 21 puskesmas. Satu puskesmas harus menyuntik vaksin lansia di wilayahnya selama 10 hari ke depan.

"Maka kita beri tugas, agar puskesmas bisa ikut mendorong upaya vaksinasi bagi lansia. Mereka harus bisa suntik vaksin 488 orang dalam dua pekan ini," ujarnya.

Ia meyakinkan pasokan vaksin yang tersedia cukup bagi vaksinasi lansia. Sedangkan pengiriman pasokan vaksin juga rutin ke Kota Pekanbaru. "Mereka harus gesa vaksinasi lansia, agar tercapai target 60 persen," paparnya.

Pemerintah kota bersama satgas juga menggesa vaksinasi bagi masyarakat terutama yang belum mendapat suntikan vaksin. Menurutnya, vaksinasi pertama di Kota Pekanbaru sudah di atas 70 persen.

Tim vaksinasi juga harus menggesa penelusuran kontak erat. Firdaus menyebut, fasilitas kesehatan melayani pasien Covid-19 banyak yang kosong. Saat ini hanya 75 orang masyarakat Kota Pekanbaru yang jalani perawatan medis di rumah sakit.