Dinkes Pekanbaru Siap Gelar Vaksinasi Terhadap Anak

Arnaldo-Eka-Putra7.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru bakal melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Vaksinasi anak rencananya dilaksanakan jelang akhir tahun 2021.

Vaksinasi anak dilakukan setelah mendapat surat edaran dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI.

"Kita intinya masih menanti instruksi dari Kementerian Kesehatan RI. Pada dasarnya kita siap dan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Senin 9 November 2021.


Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru guna mendata jumlah calon penerima vaksin. Begitu pula dengan sekolah dan pesantren untuk menyasar pemberian vaksin bagi anak-anak.

Arnaldo mengklaim pasokan vaksin yang tersedia saat ini masih cukup. Ia mengimbau masyarakat segera mengakses layanan vaksinasi di rumah sakit atau puskesmas.

Pihaknya juga melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. Ia mengatakan, saat ini total capaian vaksinasi secara umum sudah 78 persen.

Arnaldo menyebut, pemerintah kota bersama satgas menggesa pemberian vaksin hingga akhir tahun 2021. Penanganan pandemi Covid-19 terstrukrur dari vaksinasi, penerapan prokes, penyediaan layanan kesehatan hingga upaya pemulihan ekonomi.