Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang Ada di Pekanbaru

pakaian-bekas-Pasar-Kodim.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

Penulis Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Pasar tradisional merupakan tempat orang untuk melakukan jual beli. Fungsi utama dari pasar tradisional adalah sebagai pusat kegiatan sosial ekonomi rakyat.

Di tengah serbuan pasar modern di Pekanbaru, Pasar Tradisional masih tetap eksis memberikan pilihan yang lebih murah untuk ibu rumah tangga yang memasak sendiri atau pengusaha kuliner sebagai pasokan bahan baku.

Riau Online akan memberikan informasi mengenai Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru, simak ulasannya berikut ini.

1. Pasar Pusat/ Sukaramai

 Juni 2018 Ditempati, Pengelola Pasar Sukaramai Pekanbaru Minta Pemegang  KTBH Mendaftar

Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru / m.situsriau.com

Pasar pusat merupakan salah satu pasar tradisional yang menjual berbagai produk kenutuhan pokok dan sembako seperti mencari beras, terigu, gula, garam, sayur mayur, bawang, cabe, ikan, ayam dan lainnya.

 

Kelebihan pasar tradisional ini adalah produk-produk yang ada di jual dengan harga rakyat, sehingga harganya murah bagi rakyat, sebagai fungsi pasar pada umumnya. Pasar ini terletak di jantung kota Pekanbaru. Berada di sepanjang Jalan Imam Bonjol, di samping Plaza Sukaramai (Ramayana) Pekanbaru.

2. Pasar Kodim

 Serunya Thrift Hunting di Pasar Kodim Pekanbaru

Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru / brisik.id



Pasar kodim merupakan pusat perbelanjaan yang jadi incaran warga di Pekanbaru. Tempat ini terkenal dengan pakaian dan barang-barang bekas dari luar negeri. Warga menyebutnya dengan pasar jongkok atau PJ.

Di sini, masyarakat dimanjakan dengan berbagai macam pilihan barang, di antaranya pakaian, jaket, sepatu, topi, kaus kaki, hingga mainan anak-anak.


Harga barang bekas tersebut bervariasi, tergantung merek barangnya. Pembeli barang bekas tidak hanya datang dari Pekanbaru, bahkan dari luar daerah serta provinsi tetangga. Pasar ini berada di Jalan Teratai Atas No.40, Padang Bulan, kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

3. Pasar Cik Puan

 Pemko Bakal Serahkan Pengelolaan Pasar Cik Puan ke Swasta - Pekanbaru.go.id

Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru / pekanbaru.go.id

Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru selanjutnya yaitu pasar Cik Puan.

Nama lain dari pasar ini yaitu pasar Inpres yang didirikan pada tahun 1978.

Pasar Cik Puan Pekanbaru sebelum menjadi salah satu pasar tradisional yang besar, pada awalnya hanyalah berupa lingkungan kecamatan dengan sarana dan prasarana seadanya, yaitu berupa kios-kios dan kaki lima, untuk menampung atau memebuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya dan berada di bawah wewenang Kecamatan Sukajadi.

Di pasar ini ada ratusan jumlah pedagang yang menjual pakaian, sepatu, batang harian, makanan dan minuman, ikan, ayam potong, sembako, semua jenis batang-barang yang umumnya ada di pasar tradisional ini. Pasar ini terletak di Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

 

4. Pasar Dupa

 Akibat Kabut Asap, Pedagang di Pasar Dupa Pekanbaru Mengeluh -AKURAT News

Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru / akuratnews.com

Pasar Dupa merupakan pasar yang terletak di Jalan Merpati, Tangkerang Tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

Tidak banyak yang mengetahui lokasi pasar ini. Meski terletak di pusat Kota Pekanbaru, nyatanya pasar ini tersembunyi di balik ruko-ruko di Jalan Sudirman.

Kondisi pasar Dupa sendiri relating sama dengan pasar tradisional pada umunya, tetapi pembagian los-los penjual telah tertera dengan baik, seperti los pertama yang ditemui yaitu los sayuran. Memasuki area dalam ada los daging, selanjutnya los peralatan dapur dan diakhiri dengan los pakaian.

5. Pasar Bawah

 Bila ke Pekanbaru Jangan Lupa ke Pasar Bawah - batampos.co.id

Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru / batampos.co.id

 

Pasar bawah merupakan pusat perbelanjaan barang-barang antik, aksesoris rumah tangga dari dalam dan luar negeri, seperti keramik, karpet, lampu-lampu antik dan elektronik. Pasar ini juga  menyediakan barang-barang bekas. Pasar ini di anugrahi sebagai pasar tradisional terbersih untuk kategori kota besar pada tahun 2007. Pasar ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

6. Pasar Pagi Arengka

 

Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru / riau1.com

 

Pasar arengka merupakan salah satu pasar yang ada di kota Pekanbaru. Pasar tradisional ini menjual berbagai produk kebutuhan pokok dan sembako seperti mencari beras, terigu, gula, garam, sayur mayur, bawang, cabe, ikan, ayam dan lainnya.

 

 

Kelebihan pasar tradisional ini adalah produk-produk yang ada di jual dengan harga rakyat, sehingga harganya murah bagi rakyat, sebagai fungsi pasar pada umumnya. Pasar ini terletak di Jalan Soekarno Hatta (Simpang Arengka), Pekanbaru, Riau.

Sekian informasi mengenai Sejarah Melayu Riau, 6 Pasar yang ada di Pekanbaru, semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.