Kota Pekanbaru Lanjut Terapkan PPKM Level 2 Selama Tiga Pekan

Firdaus41.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-PPKM level 2 di Kota Pekanbaru berlanjut ke tahap III. Perpanjangan PPKM level 2 ini berlangsung selama tiga minggu ke depan. Penerapannya dimulai Selasa 19 Oktober 2021.

 

Perpanjangan ini seiring berakhir PPKM level 2 tahap II di Kota Pekanbaru, Senin 18 Oktober 2021. Adanya perpanjangan ini karena Kota Pekanbaru belum memenuhi indikator level 1. 

 

PPKM level 2 berlanjut hingga 8 November 2021. Kota Pekanbaru sudah menerapkan PPKM level 2 sebanyak dua tahap. Namun Kota Pekanbaru belum memenuhi indikator untuk turun ke PPKM level 1.

 

Pemerintah kota sudah menerima Instuksi Menteri Dalam Negeri terkait PPKM. Mereka menerima instuksi selepas PPKM level 2 tahap II berakhir pada Senin kemarin. 

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut, Kota Pekanbaru sudah masuk PPKM level 2 tahap III. Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru bakal melakukan evaluasi terkait pelaksaan PPKM level 2 tahap II pada hari ini. 

 

"Kita akan evaluasi, untuk mempertegas apa saja kelemahan selama PPKM level 2 tahap II yang harus disikapi," paparnya.


 

Menurutnya, evaluasi tersebut bakal jadi catatan dalam pelaksanaan PPKM level 2 tahap III selama tiga pekan mendatang. Tim Satgas Penanganan Covid-19 Tingkat Nasional mengingatkan agar pemerintah daerah tetap waspada.

 

Firdaus menilai harus ada langkah antisipasi untuk mencegah gelombang ketiga kasus Covid-19. Apalagi selama PPKM level 2 aktivitas ekonomi sudah mulai bergerak. 

 

Dirinya menyayangkan sejumlah pelaku usaha kuliner mengabaikan protokol kesehatan. Ada yang abai memakai masker padahal sudah ada tim satgas. Ia mendorong tim satgas bisa mengingatkan masyarakat agar lebih disiplin mengikuti protokol kesehatan. 

 

"Saat kasus Covid-19 landai, maka kita pacu agar ekonomi bisa tumbuh. Kita harapkan masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi mesti mendukung protokol kesehatan," ujarnya.