Keluarga Datuk Al Azhar Abadikan Momen Terakhir di Pemakaman

Penguburan-Datuk-Seri-Al-Azhar2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Suasana duka cita menyelimuti prosesi pemakaman almarhum Datuk Al Azhar, Rabu 13 Oktober 2021. Jenazah dikebumikan di pemakaman Air Dingin, Bukit Raya.

 

Pantauan riauonline.co.id, di lokasi pemakaman, para keluarga dan sanak saudara masih menabur bunga. Ada dia antaranya juga masih menangis dalam suasana duka tersebut.

 

Beberapa anak dan cucu yang hendak pulang ke rumah, mereka berfoto dengan sebuah bingkai foto. Dalam bingkai foto itu sosok almarhum Datuk Al Azhar tampak berwibawa dengan pakaian adat khas Melayu.

 


Pakaian Melayu warna hitam bercorak kuning. Lengkap pula dengan atribut tanjak dan songket. Para keluarga pum masih tersenyum dalam haru berswafoto.

 

Sebelumnya, kabar duka kepulangan sosok Budayawan Riau ini menorehkan duka bagi masyarakat Riau. Almarhum dikenal sebagai figur yang peduli terhadap hukum adat dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi.

 

Datuk Al Azhar yang berasal dari Talikumain, Tambusai, Rokan Hulu ini tak pernah lupa dengan kampung halamannya. Secara kelembagaan, ia berperan sebagai Ketua Dewan Penasehat Himpunan Keluarga Rokan Hulu maupun sebagai tetua masyarakat sebagai pemberi tunjuk ajar.

 

Sebelumnya sempat jalani operasi empedu, meninggal dunia selasa 12 Oktober 2021 di RS Awal Bros Pekanbaru sekitar pukul 22.04 WIB. Datuk Al Azhar sebelumnya sempat mengalami kritis setelah menjalani operasi empedu yang dijalani minggu lalu.