Mengenal Dwita Okta Amelia, Paskibraka Nasional 2021 Asal Rokan Hulu

dwita.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Siswi SMA Negeri 1 Kuntodarussalam, Rokan Hulu, Dwita Okta Amelia Herdian terpilih sebagai pasukan pengibar bendera atau Paskibraka Nasional tahun 2021.

Dwita masuk dalam formasi 68 bersama satu rekannya Hervy Shendyka Wiratama di istana negara, 17 Agustus 2021 esok.

Wanita kelahiran Sri Rokan, 19 Mei 2005 silam ini sejak awal sudah termotivasi menjadi seorang Paskibraka. Selain urusan akademik, ia juga aktif mengukuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Tidak mudah bagi putri pasangan Heri dan Nurdiana Ritonga ini menggapai impian tersebut. Butuh perjuangan dan semangat pantang menyerah dalam mengikuti proses.

Siswi Kelas XI MIPA 1 ini harus mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Nasional 2021 cukup ketat mulai dari daerah hingga provinsi. Seleksi yang digelar selama empat hari di Pekanbaru meliputi fisik, mental, pengetahuan dan kedisplinan lainnya.

"Saya terpilih menjadi utusan provinsi Riau karena saya sendiri juga sudah mengikuti seleksi pastinya," imbuhnya lagi.


Dwita tak menduga sebelumnya bisa terpilih sebagai Paskibraka mewakili Riau. Namun baginya, pencapaian ini merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dijaga untuk daerah.

"Itu berarti saya diberi tanggung jawab dari para bapak/ibu Dispora, kakak pelatih serta yang bersangkutan untuk menjadi perwakilan Provinsi Riau," ungkapnya.

Menjadi seorang Paskibraka bukan hanya sekedar mengibarkan bendera. Lebih dari itu, Paskibraka merupakan jalan untuk melatih disiplin baik fisik maupun mental.

"Menjadi Paskibraka bukan hanya mengibar bendera tapi ingin lebih disiplin, melatih kekuatan fisik dan mental, dan pastinya memiliki banyak teman dari luar daerah. Suatu kebanggaan dan kehormatan pastinya untuk menjadi paskibraka ini," ujar Dwita.

Menjadi seorang Paskibraka diharapkan menjadi pembuka jalan baginya untuk menggapai cita-cita menjadi  Polwan.