Setelah Rapat Tertutup Selama 3 Jam Soal PPKM, Firdaus: Hingga 23 Agustus

Firdaus21.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat Kota Pekanbaru masih harus membatasi aktivitas. Pasalnya PPKM level 4 di Kota Pekanbaru diperpanjang 14 hari ke depan. Pemberlakuannya mulai Selasa 10 Juli hingga 23 Agustus 2021 mendatang.

 

Walikota Pekanbaru, Firdaus menyebut ada sejumlah arahan dari Presiden RI terkait evaluasi PPKM level 4 di luar Jawa. Satu di antaranya dengan mengurangi mobilitas masyarakat untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19.

 

Firdaus menyebut bahwa penyekatan yang dilakukan selama dua pekan lalu belum membuat masyarakat mengurangi aktivitas. Masyarakat masih beraktivitas walau jalan protokol begitu ketat.

 

 

 

"Jadi belanjut 14 hari dari tanggal 10 hingga 23 Agustus," terangnya usai rapat tertutup selama hampir tiga jam, Selasa 10 Agustus 2021.

 

Menurutnya, secara umum pelaksanaan PPKM level 4 hingga dua pekan ke depan ini hampir sama dengan PPKM level 4 sebelumnya. Ia menyebut pengetatan atau pembatasan aktivitas masyarakat harus ditingkatkan.

 

Ada penguatan fungsi posko PPKM di tingkat kecamatan dan kelurahan. Mereka bisa mengaktifkan Siskamling dengan melakukan penyekatan dan pembatasan waktu masuk lingkungan pada pukul 21.00 WIB.

 


 

 


 

Mereka bisa melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang masuk atau ke lingkungannya. Masyarakat yang datang dari luar Riau mesti menunjukkan hasil tes PCR H-2 atau Rapid antigen H-1.

 

Mereka juga menyertakan bukti sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Sejumlah akses bakal tutup sementara mencegah mobilitas masyarakat. Tim juga menutup sejumlah akses jalan lingkungan ke jalan protokol. 

 

Namun bagi kalangan pekerja esensial ada pass khusus agar bisa melewati penyekatan. "Ada sejumlah ruas bakal dibatasi, Jalan Puyuh Mas misalnya, agar nanti tidak terjadi kemacetan," pungkasnya.