Pemko Pekanbaru Diminta Beri Perhatian Lebih Pada UMKM

Muhammad-Sabarudi5.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru beserta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus memberikan perhatian lebih kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini dikarenakan menurut Sabarudi, UMKM memiliki peranan penting pada pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. UMKM juga memiliki andil dalam penyerapan tenaga kerja.

"Tapi dimasa pandemi Covid-19 banyak dari pelaku usaha UMKM di Pekanbaru yang memilih untuk menutup usahanya karena permintaan pasar yang turun drastis. Makanya diperlukan peranan pemerintah," katanya.


Politisi PKS yang juga merupakan Ketua Pekanbaru Berdaya ini mengatakan, pelaku UMKM tak bisa lepas dari bantuan pemerintah karena di masa pandemi ini, banyak UMKM yang ngos-ngosan menjalani bisnisnya.

"Pemerintah harus mendukung UMKM, seperti apa? Salah satunya adalah pemberian bantuan. Baik itu berupa modal maupun barang kebutuhan," jelasnya.

Selain memberikan bantuan modal, Sabarudi juga meminta pemerintah memberikan pelatihan terhadap pelaku UMKM agar lebih memahami cara melakulan pemasaran secara digital.

"Pelatihan seperti ini bisa meningkatkan sumber daya manusia," ujarnya.

Pelatihan ini bertujuan agar pelaku UMKM mengerti bagaimana cara memasarkan produk yang mereka miliki secara digital atau online. Selain memberi pelatihan, bisa juga mengadakan bazar bagi UMKM.

"Sembari memberikan pelatihan atau workshop, pemerintah juga bisa membuat bazar khusus pelaku UMKM agar produk mereka bisa dikenal oleh masyarakat," pungkasnya.