Rumah Dinas Wako Pekanbaru Bakal Bakal Dibangun di Tenayan Raya

cfd.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana membangun gedung daerah serta rumah dinas wali kota dan wakil wali kota di kawasan komplek perkantoran Tenayan Raya.

Tak hanya itu, bakal dibangun juga rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda). Luas lahan secara keseluruhan mencapai 300 hektare. Semuanya akan dibangun dalam satu komplek.

"Karena gedung daerah kita belum punya sampai saat ini, maka kita sediakan lahannya," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Sementara, rumah dnas Wali Kota Pekanbaru di Jalan A Yani bakal dialihfungsikan. Ada rencana kediaman wali Kota tersebut dijadikan museum.


"Saya ingin rumah dinas itu menjadi museum karena arsitekturnya punya nilai sejarah, bangunannya masih mempertahankan budaya," ujar Firdaus.

Ia meninai, saat ini pengelolaan museum yang ada masih belum baik. Karena pengelolaan belum baik, katanya, warga yang berkunjung tidak bisa mendapat banyak edukasi.

"Maka perlu pengelolaan yang baik dan nanti kalau anak-anak kesana bisa mendapatkan ilmu," jelasnya.

Menurutnya, museum itu dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan tentang sejarah dan perkembangan Kota Pekanbaru. Apalagi di depannya ada batu bersejarah tempat bendera merah putih pertama dikibarkan.

"Melengkapi juga adanya Taman Tunjuk Ajar Integritas di sana. Karena catatan sejarahnya juga banyak di sana, maka dilestarikan sebagai museum," pungkasnya.