Apindo Berharap Perusahaan Daerah Diajak Kelola Blok Rokan

Wijatmoko-Rah-Trisno2.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Riau, Wijatmoko Rah Trisno mendukung penuh nasionalisasi Blok Rokan oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR). Namun ia berharap agar perusahaan lokal di Riau juga bisa terlibat secara Business to Business.

"Dengan mendukung asas profesionalitas dalam proses peralihan itu, tolong juga di-cover kepentingan perusahaan daerah yang memiliki kualifikasi," ujarnya, Senin 7 Juni 2021. 

 

Ia berharap tidak hanya anak perusahaan PHR saja yang dapat mengelola Blok Rokan. Ia yakin perusahaan lokal siap untuk ikut serta mengelola sehingga perputaran ekonomi lokal lebih besar.

"Perputaran uang di daerah lebih besar, Tidak hanya ke Jakarta. Ini yang akan mengidupkan Duri, menghidupan Minas nantinya,"jelas Wijatmoko.

 


Terkait prospek bisnis ini ke depan ia meyakini masih sangat prospektif dan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia 

 

"Sepanjang harga minyak ini masih di atas 30 US Dollar per barell saya kira cukup menjanjikan. Biayanya pun tidak murah, makanya itu jadi tulang punggung ekonomi Indonesia," terangnya.

 

Melihat potensi perusahaan di Riau,  ia menyebut perusahaan lokal bisa masuk di operasional dan juga supporting. Bahkan jika PHR ingin menghandle langsung pouring-nya.

 

"Tidak ada masalah karena kuenya kan besar, job-nya banyak. Uangnya yang berputar triliunan. Itu bisa membawa banyak perusahaan daerah," tambahnya

 

Namun demikian ia menekankan bahwa bisnis ini berharga mahal dan beresiko tinggi sehingga harus dikelola dengan matang. 

 

"B to B tidak ada persentase ideal, kalau perusahaan daerah mampu itu diutamakan. kalau tidak mampu jangan. Karena ini high cost, high technology, maka harus profesional dan proporsional," tutup Wijatmoko.