Pulau Sumatera Miliki 34 Titik Panas, Provinsi Ini Jadi "Jawaranya"

Karhutla-Pelalawan2.jpg
(Pemadam Kebakaran Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna mengatakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Rabu, 2 Juni 2021.

 

"Ada 34 titik panas atau hotspot yang tersebar di beberapa provinsi di Sumatera," katanya. 

 

Lebih lanjut, Ahmad berujar, 34 titik panas tersebut tersebar di delapan provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Sumatera Selatan. 

 

 

 

Provinsi Aceh  ada dua titik, Sumatera Utara satu titik, Sumatera Barat ada enam titik. Untuk Provinsi Jambi ada dua titik. Sumatera Selatan ada 12 titik. 

 

Bangka Belitung sendiri ada delapan titik. Lampung dua titik. "Untuk titik panas di Provinsi Riau sendiri ada satu," ujarnya. 

 

Untuk wilayah Riau, titik panas berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), yakni di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.


 

 

Dari jumlah tersebut, seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

 

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 24.0 - 34.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 50 - 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 - 36 Km/jam.

 

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 - 0.50 meter.