Yasser Hamidy Puji Pemko Soal Bus Vaksin: Lebih Baik Lagi Libatkan RT/RW

bus-vaksin-pku.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemko mengerahkan lima unit bus untuk mempercepat vaksinasi Covid-19. Aksi itu disambut Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Yasser Hamidy. Yasser mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan program vaksinasi ini. 

 

"Ini terobosan yang bagus, tapi lebih baik lagi jika melibatkan RT/RW karena mereka yang tahu kondisi warga setempat," katanya. 

 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, peran RT/RW juga harus dilibatkan oleh pemerintah. Selain lebih tahu kondisi warga, RT/RW juga memiliki data warga yang Lanjut Usia (Lansia) sehingga peran tokoh masyarakat setempat ini diharapkan bisa mengarahkan warganya untuk melakukan vaksinasi.

 

 

 

Bus vaksinasi keliling ini beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB dan 16.00 WIB. Kelima bus ini untuk sementara menyebar di sejumlah wilayah. Ada di wilayah RSD Madani yakni Kecamatan Tuah Madani dan Kecamatan Bina Widya.

 

Ada wilayah Gedung Guru Pekanbaru meliputi Kecamatan Marpoyan Damai dan Kecamatan Bukit Raya. Ada juga wilayah Puskesmas Rejosari yakni Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Kulim, dan Kecamatan Sail.

 

Ada juga wilayah pusat kota seperti Kecamatan Pekanbaru Kota dan Kecamatan Limapuluh. Lalu wilayah Stadion Kaharuddin Nasution di Kecamatan Rumbai, Kecamatan Rumbai Timur dan Kecamatan Rumbai Barat.

 


Lebih lanjut, Yasser mengungkapkan, dengan adanya kegiatan vaksinasi keliling, diharapkan target realisasi vaksin bagi kalangan lansia bisa tercapai.

 

 


 

"Meski masih fokus kepada para lansia, namun masyarakat juga bisa melakukan vaksinasi melalui program vaksinasi massal pada sejumlah lokasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah agar bisa menekan lajunya penyebaran Covid-19," pungkasnya. 

 

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus secara resmi meluncurkan bus vaksinasi Covid-19 keliling. Ia melepas bus vaksinasi keliling ini di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Kamis 27 Mei 2021.

 

Ketua Harian Tim Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kota Pekanbaru, Azwan, dalam sambutannya menyebut, bus vaksinasi keliling ini perdana di Indonesia.

 

"Mobil vaksinasi massal. Sepengetahuan saya, ini baru pertama di Indonesia," paparnya.

 

Rencananya bus ini mulai beroperasi secara penuh pada, Jumat 28 Mei 2021. Untuk tahap awal ada lima unit bus untuk mendukung percepatan vaksin secara reguler dan di lokasi khusus.