UAS Sempat Telpon, Doakan dan Semangati Ustaz Tengku Zulkarnain

UAS-cium-tangan-UTZ.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Masyarakat kembali berduka kehilangan sosok ustaz kondangan Tengku Zulkarnain. Almarhum meninggal dunia, Senin 10 Mei 2021 setelah terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 3 Mei 2021.

Pantauan riauonline.co.id Senin malam, sejumlah keluraga dan kerabat bersiap mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir. Ada pula masyarakat dari berbagai elemen datang dan ikut mendoakan.

 

Adik kandung almarhum, Tengku Nazariah menceritakan semangat dakwah ustaz Tengku Nazarudin. Ia mengaku, di akhir hayat almarhum tetap membahas ingin berkeliling menyampaikan dakwah.

 


"Jasad abang berada di rumah sakit. Tapi jiwanya tetap berdakwah di jalan Allah. Beliau sempat bilang, abang baru berkeliling, abang tidak capek. Raga abang di sini, tapi abang tetap berdakwah," ucapkan menirukan perkataan almarhum dengan meneteskan air mata.

 

"Keluarga ikhlas saat mengetahui beliau pergi untuk selamanya. Ustaz Abdul Somad (UAS) sempat menelpon saat almarhum hendak dipasang ventilator. UAS mendoakan dan almarhum berteriak dua kali Allahuakbar, sebelum ia betul-betul drop," kenang Nazariah.

 

Menurutnya, almarhum telah mendapatkan perawatan medis sangat baik. Ketika dipasang ventilator, almarhum ustaz Tengku Nazarudin bersyahadat, sampai akhirnya mengembuskan napas terakhir.

 


"Kami mohon dengan kerendahan hati paling dalam jika selama berdakwah ada kesalahan. Baik bagi semua orang, semua suku. Semoga amal ibadah diterima di sisi Allah," ucapnya.

 

Usai disalatkan sekitar pukul 21.20 malam, jenazah akhirnya dibawa ke pemakaman khusus Covid-19 di Palas, Rumbai, Pekanbaru.

 

Sebelumnya diketahui, Keluarga Ustaz Tengku Zulkarnain, Said Lukman menyampaikan agenda Ustaz Tengku Zulkarnain di Riau yaitu dalam rangka safari dakwah di bulan suci Ramadan.

 

 

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, seperti biasa Beliau setiap ramadan melakukan safari dakwah. Kebetulan tahun ini dakwahnya karena musim Covid-19 ini dia memilih di kabupaten/kota di Riau, yang ada di Pekanbaru terakhir ini," kata Said Lukman, kepada RiauOnline, Senin, 10 Mei 2021, di RS Tabrani Pekanbaru.

 

Ia menyebut sebelumnya Ustaz Tengku Zulkarnain sempat ke Taluk Kuantan. Sebelum masuk rumah sakit di Pekanbaru, katanya, kondisi Ustaz Tengku Zulkarnain semakin hari semakin sesak sampai pagi, Senin, 10 Mei 2021.

 

Ia menceritakan Ustaz Tengku Zulkarnain meminta agar segera dibawa ke Pekanbaru untuk beristirahat di Rumah Sakit.

 

"Kemudian, dari selesai melakukan dakwah di berbagai tempat. Malam hari, beliau kembali ke tempat istirahat di hotel. Namun keesokan harinya pagi, beliau merasa terlalu capek," paparnya.