Terbukti Ampuh, Ruslan Tarigan Beber 3 Tips Hindari Covid-19

ruslan-tarigann.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki pekan terakhir bulan April, lonjakan zona merah terjadi di angka 39 kelurahan. 

 

Menanggapi hal ini, Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Ruslan Tarigan mengatakan semenjak ada vaksin, masyarakat jadi lengah sehingga kasus terkonfirmasi positif Covid-19 kembali meledak lagi. 

 

"Kapan Covid-19 ini berakhir? Ketika kita disiplin. Harus kita disiplin sama-sama," katanya. 

 

 

Lebih lanjut, Politisi Partai PDIP ini juga memberikan tips agar terhindar dari Covid-19. Pertama, tidak boleh stress. Tidak boleh panik ataupun takut.

 

Kedua, ikuti perilaku hidup sehat seperti berolahraga, makan makanan bergizi, tidur cukup, banyak mengkonsumsi air putih, berjemur, dan perilaku hidup sehat lainnya. "Harus disiplin dalam perilaku hidup sehat," ujarnya. 


 

Tips ketiga, menurut Ruslan adalah ikuti 4 M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Tips keempat, mengikuti anjuran pemerintah. Jika pemerintah meminta untuk tidak mudik terlebih dahulu, maka jangan mudik dulu. 

 

"Bagi pegawai negeri bagi masyarakat, jangan lah pulang, ikuti kata pemimpin," ucapnya. 

 

Diberitakan sebelumnya, terkait mudik sendiri, Gubernur Riau, Syamsuar menyebut simpang siur aturan mudik lebaran baik antar provinsi maupun lokal tergantung masyarakat.

 

Ia menegaskan, jika satu daerah masih berada di zona merah dan masyarakat tak kooperatif mengikuti protokol kesehatan maka tidak akan diperbolehkan mudik.

 

 

"Ya tergantunglah rakyat Riau ini maunya gimana. Kalau zona merah tetap kita perketat, Tidak ada jalan lain, " ungkap Syamsuar, Kamis 29 April 2021.

 

Syamsuar menyebut tidak ada jalan lain untuk menurunkan pandemi Covid 19 selain pengetatan protokol kesehatan. Ia menegaskan masyarakat juga harus bijaksana untuk bersama-sama mencegah Covid.