Hamdani Tak Sungkan Hadiri Musrembang di Tingkat Kelurahan

Musrenbang-di-Kelurahan-Wonorejo.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Awal tahun 2021, pemerintah melakukan persiapan perencanaan untuk kegiatan ditahun 2022. Persiapan perencanaan ini diawali dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan, kecamatan, hingga kota.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mengatakan, musrenbang merupakan bagian yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan untuk tahun berikutnya.

Untuk jadwal musrenbang sendiri, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjadwalkan pada minggu ketiga dan keempat bulan Januari. Sedangkan musrenbang kecamatan, dijadwalkan pada minggu kesatu dan kedua bulan Februari.

Politisi Partai Keadilan Sejahteran ini mengaku, dirinya juga turut menghadiri musrenbang dari tingkat kelurahan hingga kota. Kehadirannya, ia nilai sebagai bentuk tanggung jawab konstitusi dan moril sebagai anggota DPRD Kota Pekanbaru.

“Ini sebagai bentuk tanggung jawab konstitusi dan moril sebagai anggota DPRD Pekanbaru dalam menjalankan proses dan siklus APBD. Pembangunan yang akan dilakukan harus melalui siklus ini yang dimana juga sudah diatur dalam perundang-undangan,” katanya.


Lebih lanjut, Hamdani berujar, ada beberapa agenda yang berkaitan dengan musrenbang yang sudah ia hadiri. Pertama musrenbang di Kelurahan Wonorejo pada 27 Januari lalu dan kedua, musrenbang di Kelurahan Tangkerang Labui.

Hamdani juga mengatakan, semenjak Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 ini, ada peningkatan cukup signifikan dari realisasi musrenbang dalam implementasi pembangunan. Di tahun sebelumnya, hanya sekitar 8 % menjadi sekitar 32 % realisasi dari hasil musrenbang.

“Hal ini patut kita syukuri. Semangat kita dan masyarakat agar musrenbang ini tidak menjadi musyawarah mengambang. Tapi benar-benar menjadi musyawarah perencanaan pembangunan,” pungkasnya.