Jokowi Ingin Hapus Eselon III dan IV, Syamsuar Malah Lantik 500 Pejabat

syamsuar-dan-apkasindo.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hari kedua masuk kerja di 2020, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, langsung tancapkan gas. Hari ini, Jumat, 3 Januari 2020, Syamsuar dijadwalkan akan melantik ratusan pejabat eselon III dan IV serta pejabat fungsional.

Akhir November 2019 silam, Presiden Joko Widodo berkeinginan menghapuskan jabatan eselon III dan IV di 2020 ini diganti dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Pelantikan lepas Salat Jumat tersebut sesuai dengan undangan yang beredar. Pelantikan akan dilaksanakan di Aula Menara Dang Merdu, Bank Riau Kepri Jalan Sudirman, Pekanbaru, Jumat, 3 Desember 2010, pukul 14.00 WIB. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, jumlah pejabat akan dilantik siang ini mencapai 500 orang lebih.


Dari jumlah tersebut, 125 pejabat yang dilantik merupakan pejabat fungsional. Sedangkan sisanya pejabat eselon III dan IV. 

“Insya Allah siang ini pukul 14.00. Gubernur (Syamsuar) yang melantik di Aula Bank Riau Kepri. Undangan sudah kita serahkan ke masing-masing satuan kerja di mana Aparatur Sipil Negara (ASN) ditugaskan," kata Ikhwan.

Ikhwan menjelaskan, di antara pejabat dilantik siang ini, ada beberapa akan menempati jabatan di OPD baru. Terhitung mulai Januari 2020 ini, Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di Pemprov Riau merupakan hal yang baru.

Sehingga ada beberapa jabatan langsung ditunjuk pejabat eselon III dan IV-nya, dilantik siang ini.

“Semuanya dilantik hari ini, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang dilebur dan tidak ada lagi, juga masuk dalam OPD baru. Untuk pejabat eselon II OPD yang baru, Plt pejabatnya ditentukan setelah pelantikan III dan IV. Gubernur menentukan,” kata Ikhwan. (*)