Alasan Gubernur Riau Syamsuar Pilih Dukung Jokowi

pak-syam-dan-bu-siti.jpg
(Yan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengajak masyarakat Riau untuk kembali memilih calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo kembali menjadi presiden RI periode selanjutnya. Jokowi dinilai sangat berkomitmen membangun infrastrukrit di Riau, bila Jokowi gagal kembali menjabat dikhawatirkan sejumlah proyek strategis nasional di Riau mangkrak.

"Kalau tak dilanjutkan mangkrak pembangunan ini. Apalagi kami sudah usulkan jalan tol dua jalur," kata Syamsuar dalam orasi politiknya pada Kampanye Terbuka bersama Juru Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Siti Nurbaya dan Partai NaseDem, di Lapangan Pasar Minggu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu, 30 Maret 2018.

Syamsuar mengatakan, sejumlah program pembangunan Jokowi sudah dirasakan masyarakat Riau. Seperti pembangunan infrastruktur sampai ke pelosok desa melalui dana desa, proyek pembangunan strategis nasional jalan tol Pekanbaru-Dumai dan Pelabuhan Tanjung Buton di Siak.

"Yang kami rasakan banyak sekali pembangunan sampai ke pelosok desa," katanya.


Menurut Syamsuar, sebagai mantan Bupati Siak dua periode mengaku cukup puas dengan komitmen Jokowi mendorong kesejahteraan dan keadilan pelayanan umum untuk rakyat. Seperti penyediaan aliran listrik seratus persen sampai ke desa-desa, begitu juga mendorong kesejahteraan petani kelapa sawit.

"Melalui kepemimpinan Jokowi, ada pemberian dana peremajaan kelapa sawit yang saat ini sudah naik 50 juta rupiah untuk dua hektar diberikan untuk petani secara cuma-cuma, tidak perlu dikembalikan," katakan.

Untuk itu, Syamsuar mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya 17 April mendatang memilih Jokowi.

"Saya ini dari Siak, jagan permalukan saya, APBD kita kecil, hanya RP 9 Triliun, artinya kita butuh pembangunan karena beliau (Jokowi) komitmen dalam pembangunan termasuk program kesehahteraan melalui kartu Indonesia Pintar, Kartu Prakerja dan Kartu untuk sembako," katanya.

Juru Kampanye Nasional Joko Widodo-Maruf Amin, Siti Nurbaya memastikan program perhutanan sosial yang diusung Presiden RI Joko Widodo bakal dituntaskan untuk masyarakat Riau.

Siti Nurbaya,yang juga menjabat menteri kehutanan dan lingkungan hidup (KLHK) mengatakan,hutan untuk rakyat yang telah direalisasikan untuk masyarakat Riau sejauh ini sudah mencapai 83,9 ribu hektare, sementara usulan yang sudah diterima mencapai 652.661 hektare. Ditargetkan perhutanan sosial di Riau akan direalisasikan seluas 1,1 juta hektare.

"Dan ini harus kita selesaikan secepatnya," kata Siti Nurbaya, di hadapan massa simpapatisan Jokowi-Maruf.