Firdaus Dukung Jokowi, Pengamat: Dia "Tercampakkan"

Wali-Kota-Pekanbaru-Firdaus.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dukungan Walikota Pekanbaru Firdaus kepada Jokowi cukup mengejutkan sejumlah pihak. Pasalnya Firdaus saat ini masih tercatat sebagai kader Demokrat.

Demokrat sendiri memutuskan dukungan kepada pasangan Prabowo - Sandi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, pengamat Politik Saiman Pakpahan menilai dukungan tersebut merupakan bentuk perlawanan Firdaus kepada partai pasca dirinya "tercampakkan".

Baca Juga Dikabarkan Beri Dukungan Untuk Jokowi, Firdaus: Iya

"Di Demokrat dia ini kan tercampakkan, dia gagal menjadi Ketua DPC Pekanbaru, sementara jabatannya adalah Walikota Pekanbaru. Ini menyebabkan daya ikat partai lemah kepada dia karena kepentingannya sukar masuk," ungkap Dosen Universitas Riau ini, Senin, 1 Oktober 2018.

Akibatnya, kata Saiman, Firdaus mencari jalan keluar dari partai dengan melakukan perlawanan ini untuk menyelamatkan karir politiknya.


"Dia mencari jalan keluar yang menyelematkan karirnya, setelah dia habis dari walikota, dia harus membangun patron baru, karena sekarang dia posisinya tercampakkan," katanya.

Klik Juga Wali Kota Pekanbaru Firdaus Ikut Dukung Jokowi

Mengenai kegagalan di Pilgub, Saiman menilai hal tersebut tidak berpengaruh. Sebab mesin partai, menurutnya sudah cukup maksimal dalam mensosialisasikan Firdaus.

"Kalau Pilgub itu yang dijual memang sosok, dan kebetulan sosok Syamsuar cukup baik dengan keberhasilannya di Siak," tutup Saiman.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id