5 Cara Ini Bikin Baterai Smartphone Kamu Awet

Ilustrasi-Baterai-Smartphone.jpg
(TRIBUNNEWS.COM)

RIAU ONLINE - Pernahkah kamu merasa kesal saat menggunakan smartphone tapi tiba-tiba ada pemberitahuan 'baterai lemah'? Padahal, ponsel itu belum lama dicharger.

Baterai smartphone yang boros ini tentu akan mengganggu, sebab harus selalu diisi daya setiap waktu. Namun, kamu tak perlu bingung. Ada beberapa cara agar baterai smartphone kamu awet selama berjam-jam. Berikut caranya, seperti dilansir dari Merdeka.com, Sabtu, 14 April 2018.

1. Hindari charge baterai semalaman

Hindari mengisi atau jangan pernah mengisi baterai smartphone sepanjang malam, karena akan memicu panas yang berlebihan pada permukaan smartphone. Sehingga, akan menyebabkan smartphone boros baterai. Selain itu, akan membuat baterai smartphone kamu cepat rusak.

Meski saat ini telah banyak smartphone yang mempunyai fitur auto cut-off saat baterai telah penuh. Tapi men-charge ponsel semalaman sangat tidak disarankan.

Agar baterai kamu awet, isilah baterai smartphone saat baterainya tingga 30 persen dan cabut ketika terisi sekitar 80 persen untuk menjaga siklus baterai smartphone.

2. Matikan notifikasi

Saat mengatahui smartphone kamu boros baterai, coba matikan notifikasi masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang dianggap tidak penting. Tak hanya menghemat baterai, cara ini juga efektif untuk menghilangkan kecanduan smartphone.


Untuk mematikannya, kamu hanya perlu masuk ke menu Setting dan pilih Apps, untuk memilih aplikasi ataupun game yang tidak diiinginkan ditampilkan notifikasinya. Pada bagian Show Notification, hilangkan centangnya.

3. Matikan fitur lokasi

Saat tidak digunakan, ada baiknya untuk mematikan fitur lokasi untuk membuat baterai smartphone kamu awet. Misalnya, aktifkan saat check-in di Path atau Facebook, lalu matikan setelahnya.

Sebenarnya, fitur lokasi di smartphonne membuat baterai boros. Apalagi smartphone itu aktif digunakan. Jadi, jangan heran jika dalam waktu pemakaian sebulan, baterai akan cepat sekali drain.

4. Hindari mode getar

Tahukah kamu, untuk menggetarkan Mode Vibrator sebenarnya membutuhkan daya yang besar. Sehingga, baterai cepat terkuras. Supaya baterai smartphone awet sebaiknya gunakan Mode Silent saja.

5. Atur layar smartphone

Tingkat kecerahan tinggi di layar, ternyata juga mempengaruhi baterai. Sebab itu, agar baterai smartphone kamu selalu awet atur tingkat kecerahan layar ke yang paling rendah.

Selain itu, agar baterainya semakin hemat jangan lupa juga untuk mengatur Time Sleep-nya juga ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misal 1 menit.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id