Kapolri Beri Penghargaan Bupati Siak untuk Satu Kampung Satu Rukan Babinkamtibmas

BUPATI-Siak-dan-Bupati-Pelalawan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRUR RODZI)

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Siak Syamsuar menerima penghargaan dari Kapolri Tito Karnavian di Pekanbaru, Jumat (03/03/17), sebagai bentuk apresiasi atas program satu kampung satu rumah kantor (rukan) Babinkamtibmas oleh Pemkab. Penghargaan yang diserahkan bersempena kunjungan Kapolri ke Provinsi Riau tersebut.

Siak, sebagai mitra Polri dalam mewujudkan kamtibmas. Saat ini jumlah rukan yang telah dibangun di Kabupaten Siak mencapai 131 unit, sejumlah kelurahan dan kampung yang ada di Negeri Istana.

Syamsuar, usai menerima penghargaan mengatakan pembangunan rumah kantor Babinkamtibmas yang dituntaskan pada 2015 lalu itu, dimaksudkan untuk memberikan dukungan kepada Polri dalam mewujudkan suasana aman dan tenteram di tengah masyarakat.

“Bentuk dukungan kita ialah melalui pembangunan sarana dan prasarana penunjang tugas kepolisian dijajaran Polres Siak” kata Syamsuar, saat menghadiri Launching Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT oleh Kapolri di Ballrom SKA Co-ex.

Baca Juga: Bupati Siak Beberkan Rahasia Kabupaten Siak Minim Karhutla

Menurut Syamsuar, berdasarkan Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Pasal 15 menyebutkan bahwa keamanan ketertiban dan ketentraman serta perlindungan masyarakat menjadi urusan wajib, dan termasuk dalam pelayanan dasar yang harus dilaksanakan pemerintah daerah.


“Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan modal dasar pagi Pemerintah Daerah untuk menjalankan roda pembangunan” sebutnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Siak, pembangunan 131 unit rukan Bhabinkamtibmas tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap, dan telah tuntas direalisasikan pada tahun 2015 lalu.

“Pada tahun 2014 rukan yang dibangun sebanyak 86 unit, disusul pembangunan 20 unit lagi setahun kemudian. Namun sebelumnya, sudah ada 25 unit yang telah dibangun Pemkab Siak pada tahun 2005 yang lalu” jelas Kabag Administrasi Pemerintahan Budhi Yuwono.

Klik Juga: Wow, 196 Nelayan Siak Terima Kartu Asuransi Dari Pemkab Siak

Mekanisme penganggaran pembangunan rukan ini sebut Budhi, dianggarkan pada APBD Kabupaten Siak melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana Pokmas.

“Pak Bupati sengaja memilih cara yang unik lewat perpanjangan tangan pemerintahan kampung, beliau ingin pemerintahan ditingkat paling bawah juga ikut berpartisipasi membangun kamtibmas” pungkasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline