Bupati Siak Beberkan Rahasia Kabupaten Siak Minim Karhutla

Bupati-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bupati Kabupaten Siak Syamsuar menjelaskan ‎rahasia unik yang dimiliki daerah ayng dipimpinnya dalam mengelola kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sehingga minim karhutla.

 

Syamsuar mengatakan upaya yang dilakukan kabupaten Siak untuk menimalisir terjadinyanya kerhutla adalah dengan menitipkan biaya operasional yang telah disiapkan disetiap kecamatan rawan karhutla dan hanya bisa digunakan ketika terjadi karhutla.

 

"Salah satunya disini kami telah menyiapkan biaya operasional yang hanya bisa dipergunakan saat terjadi bencana kebakaran. Kalau tidak ada bencana ya tidak bisa dipergunakan," ucapnya di rumah dinasnya, Minggu 4 September 2016.

Baca Juga: BRG Ingin Bangun Sumur Bor di Rohil, Warga: Dari Mana Datang Uangnya?

 

Sebelumnya, daerah yang rawan akan kebakaran telah ditandai dan menurunkan petugas gabungan yang terdiri dari satgas TNI, Polri, BPBD-Damkar, Manggala Agni dan MPA.

 

"‎Karena kita sudah tahu kampung yang rawan itu, Kemudian kita buatkan cluster yang ditempatkan di daerah rawan itu. Maka mereka akan turun bersama-sama hingga selesai," jelasnya.

 

Menurutnya, jika mengandalkan bantuan Kabupaten‎ maka daerah yang terkena karhutla kemungkinan akan bertindak lambat. Dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk biaya operasional seperti makan, minum, masker dan lain-lain.

Klik Juga: Menteri Siti: PT APSL Terlibat Tiga Tindakan Melanggar Hukum

 

Kemudian, lanjutnya, Kabupaten Siak juga membuat kanal-kanal bloking dan embung-embung air. "Akan berjalan 13 kanal lagi yang akan kita buat. Ini sekali lagi bukan hanya pemda saja yang ikut ambil andil, TNI,Polri dan masyarakat," jelasnya

 

Syamsuar mengatakan Kabupaten Siak akan berusaha mandiri untuk mencegah dan mengatasi karhutla. "Kecuali air susah, kita akan meminta bantuan dari udara, bagaimana kita mau kerja ya kan," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline