Bulog Riau Pastikan Stok Beras Cukup Hingga Lebaran

beras-bulog.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Usaha Logistik (Bulog) Riau dan Kepulauan Riau memastikan stok beras raskin aman hingga akhir bulan Ramadhan atau lebaran pada Juli 2016 mendatang.

 

Kepala Bidang Humas Bulog Riau-Kepri, Hendra mengatakan stok beras di Riau mencapai 27.000 ton. Stok itu masih cukup untuk penyaluran selama enam bulan ke depan.

 

"Sebenarnya stok untuk Ramadhan yang kita persiapkan 37 ribu ton. Namun, stok yang tersisa hanya 27 ribu ton. Tapi dengan jumlah tersebut masih cukup untuk persediaan Ramadhan nanti," kata Hendra, Kamis (12/5/2016).

 


Untuk mengantisipasi kenaikan harga beras menjelang Ramadhan, Bulog berupaya mengoptimalkan penyaluran raskin dan beras sejahtera (rastra) keseluruh titik distribusi. Sehingga Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) tidak perlu membeli beras komersial di pasaran.

 

Kini, pihaknya sedang melakukan Operasi Pasar (OP) di depan Kantor Bulog divre Riau dan Kepri. Dengan harga beras yang ditawarkan dibawah harga pasaran.

 

Beras premium hanya Rp 9000 per kilogram, demgan tingkat broken atau patahan beras 5 persen. Diharapkan upaya ini bisa meredam aksi spekulan beras, terutama jelang musim ramadhan hingga lebaran.

 

"Jika penyaluran tidak optimal, suplai beras bisa berkurang dan berakibat kenaikan harga. Karena permintaannya meningkat," ucap Hendra.

 

Bulog Riau Kepri telah menyalurkan rastra di Riau dan Kepri 18.588 ton sepanjang Kuartal I/2016.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline