Hendak Gabung ISIS Lewat Indonesia, Warga Australia Ditangkap

Boat.jpg
(ABC via BBC INDONESIA)

 

RIAU ONLINE - Pihak kepolisian Australia menangkap lima orang yang diduga ingin menyeberangi laut dengan perahu nelayan kecil untuk bergabung dengan kelompok ISIS di Suriah.

 

Lima orang tersebut ditangkap saat mereka menarik perahu melalui bagian utara negara bagian Queensland.
Berdasarkan laporan media, mereka ditahan atas dugaan pelanggaran wilayah.

 

Australian Broadcasting Corp menyebutkan satu di antara lima orang tersebut diketahui merupakan seorang pengkhotbah Islam terkenal Musa Cerantonio.

 

Dilansir dari BBC Indonesia, lima orang tersebut diduga berusaha mencapai Indonesia dari Cape York sebelum bergabung dengan kelompok ISIS.


BACA JUGA: CCTV Rekam UFO Serang Kubu ISIS di Turki

 

"Lima orang telah ditangkap dan saat ini ditanyai polisi," kata juru bicara Polisi Federal Australia.

 

"Kegiatan mereka ini tidak berhubungan dengan ancaman kepada masyarakat saat ini atau yang sudah direncanakan," jelasnya.

 

Sebelumnya, Musa Cerantonio pernah ditangkap di Pulau Cebu, Filipina pada 2014 lalu. Lalu, dideportasi ke Australia, padahal ia mengaku kepada pengikutnya di media sosial bahwa ia telah melakukan perjalanan ke Suriah, bukan ke Filipina.

 

Selain Musa Cerantonia, Ada pula Shayden Thorne. Ia merupakan saudara dari Junaid Throne, seorang khotib Islam yang dipenjara karena menggunakan nama palsu saat memesan penerbangan dari Perth ke Sydney.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline