Pasar Baru Diresmikan, Pedagang Sudah Tak Taat Aturan

Peresmian.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Belum sehari diresmikan pembangunan Pasar Limapuluh oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus, pihak ketertiban sudah menegur pedagang yang berdagang tidak sesuai dengan aturan yang telah dikonsepkan oleh Pemko Pekanbaru.

 

Kepala Bidang Ketertiban dan Pengawasan Pekanbaru, Suhardi sudah menegur seorang pedagang yang berjualan bumbu masakan. Padahal Suhardi menjelaskan bahwa, Pasar Limapuluh tahap I yang hari ini diresmikan, pada bagian depannya hanya diperuntukkan kepada pedagang yang berjualan barang harian atau dagangan kering.

 

"Sekarang kita ini menerapkan pola donasi. Pola atau sistem donasi ini disesuaikan dengan jenis dagangan yang dijual, jadi lebih teratur. Misalnya di satu sisi itu tempat jualan kain, ya kain saja semua. Nah yang untuk bagian depan ini, kesepakatannya hanya untuk pedagang jualan kering saja, bukan pedagang yang jualannya basah seperti ibu ini," kata Suhardi usai memberi peringatan kepada pedagang, Rabu (20/4/2016).

BACA JUGA: Pemko Pekanbaru Resmikan Pembangunan 3 Pasar Tradisional

 


Lokasi kios untuk pedagang tersebut diberi secara acak oleh Pemko melalui cara pengundian. "Waktu pencabutan undian itu, mereka berjanji jika dapat tempat di bagian depan ini, mereka akan ganti dagangannya. Mereka bilang gitu, mungkin karena takut kehilangan tempat," ujar Suhardi.

 

Rencana Pak Walikota, sambung Suhardi, nanti di bagian belakang Pasar Limapuluh ini akan dibangun dua lantai. Nah yang di bagian belakang itulah yang akan diperuntukkan bagi pedagang yang menjual barang-barang basah.

KLIK SAJA: Kalau Ambruk, Pasti Pemko yang Disalahkan

 

"Karena sekarang masih baru, jadi masih kita tolerir. Tapi untuk beberapa waktu kedepan, ini tetap tidak boleh. Kita akan terus mengingatkan pedagang, dan ujung-ujungnya kalau mereka tetap melanggar, ya pasti akan ada penertiban. Nanti kalau kita biarkan saja, berarti sistem donasi itu tidak berjalan," pungkasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline