Riza Chalid Mangkir, MKD Tutup Sidang

riza-chalid.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akhirnya menutup sidang setelah menunggu Riza Chalid selama satu jam. Persidangan dengan agenda pemeriksaan pengusaha minyak Riza Chalid sebagai saksi dugaan pelanggaran etika Ketua DPR Setya Novanto, sedianya digelar pada pukul 10.00 WIB.

 

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengatakan, pihaknya telah menunggu kurang lebih selama sejam. Namun, Riza tidak memberikan konfirmasi kedatangan atau alasan ketidakhadirannya ke sekretariat MKD.

 

"Atas kesepakatan pimpinan dan anggota, kami menutup sidang Riza Chalid," ujar Junimart di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Senin (14/12).

 

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini mengatakan pihaknya akan kembali rapat untuk menentukan apakah MKD akan memanggil Riza kali ketiga atau tidak. Menurutnya, MKD perlu memanggil Riza kembali karena mengetahui anatomi pembicaraan tersebut.


 

Riza juga merupakan orang yang dominan berbicara dengan Ketua DPR Setya Novanto di rekaman pembicaraan mengenai perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia. Rekaman berdurasi 87 menit itu menjadi alat bukti yang diserahkan Menteri ESDM Sudirman Said ke MKD.

 

"Nanti malam akan kami rapatkan internal apakah kesaksian beliau diperlukan atau panggil paksa lewat polisi," katanya. (BACA JUGA: Ini Poin Renegosiasi Indonesia - Freeport)

 

Hari ini, kali kedua Riza tidak memenuhi panggilan pemeriksaan MKD. Sebelumnya, Riza juga tidak hadir di persidangan pada Kamis (3/12) pekan lalu, bersama dengan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

 

Saat itu, Maroef mengatakan Riza Chalid yang sesungguhnya meminta saham PT Freeport Indonesia. "Dalam pembicaraan itu saudara Riza mengatakan 11 persen ke presiden dan 9 persen ke wapres," kata Maroef.

 

Keterangan Riza semakin diperlukan setelah Setya Novanto enggan menjawab pertanyaan seputar pertemuannya bersama Riza. Pada persidangan pekan lalu, Setya hanya menyampaikan nota pembelaannya ke MKD.

 

Riza bersama Novanto menemui Presiden PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin untuk membahas perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia di Papua.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline