5 Makananan Ini Bisa Redakan Perut Panas Usai Makan Pedas

Alpukat3.jpg
(pixabay)

RIAUONLINE - Makanan pedas memang jadi makanan yang tak bisa dibantah kenikmatannya. Sialnya tak semua orang memiliki perut yang bisa menikmati makanan pedas seperti saat disantap. Beberapa akan merasakan rasa panas setelah makan makanan pedas. Lalu adakah cara mengatasi perut panas setelah makan pedas ini?

Mungkin untuk sebagian besar orang, minum susu menjadi solusi paling populer. Beberapa tempat yang secara khusus menyajikan masakan pedas, memiliki menu minuman susu atau campuran susu sebagai ‘penawar’-nya. Tapi adakah alternatif atau cara lain?

Berikut beberapa cara mengatasi perut panas setelah makan pedas yang bisa Anda coba!

1. Bersama Makanan dengan Kandungan Pati

Makanan berpati, seperti roti, nasi putih, atau kentang rebus, bisa jadi solusi untuk meminimalisir efek panas yang muncul di bagian perut. Sebab pati memiliki penghalang alami antara capsaicin dan mulut yang akan menyerap sebagian dalam prosesnya.

Jadi saat makan makanan pedas, dampingi dengan makanan di atas tadi ya!

2. Teh Peppermint


Daun peppermint bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Jadi, konsumsi teh peppermint juga bisa membantu Anda mengurangi keluhan perut panas setelah makan makanan pedas. Campurkan satu sendok makan daun peppermint kering ke dalam satu gelas air mendidih selama 10 menit, lalu saring dan minum selagi hangat.

3. Jahe

Mengacu pada penelitian, jahe dianggap efektif dalam mengobati gangguan di perut. Mulai dari muntah, mual, mulas, dan mabuk perjalanan. Jahe sendiri bisa dikonsumsi dalam banyak bentuk, mulai dari tablet kunyit, kapsul herbal, atau teh. Untuk teh sendiri, irisan jahe segar bisa dimasukkan ke dalam secangkir air panas.

4. Madu Mentah

Kandungan enzim dalam madu mentah bisa membantu memecah pati, gula, dan protein. Untuk urusannya dengan rasa pedas, sesendok madu mentah bisa membantu melancarkan proses pencernaan sehingga rasa panas tak terlalu lama berada di perut.

Madu mentah dapat menetralkan capsaicin di perut, dan dapat menyerap minyak pedas dan menghentikan sensasi panas.

5. Pisang atau Alpukat

Buah dengan tekstur lembut seperti pisang atau alpukat bisa jadi opsi mengatasi perut panas setelah makan pedas. Teksturnya yang halus dapat mengikat capsaicin dan reseptor rasa sakit, sehingga sensasi mulas atau panas bisa lekas berkurang.

Lima cara mengatasi perut panas setelah makan pedas tersebut bisa Anda coba. Meski demikian, hal utama adalah untuk membatasi konsumsi makanan pedas, agar efeknya tidak buruk untuk kesehatan. Semoga berguna dan selamat beraktivitas!

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com