10 Makanan Pedas Khas Melayu Riau yang Terkenal Enak, Jangan Lupa Dicoba Ya!

Asam-Pedas-Baung.jpg
(Foto: ambhaelectric.com)

Penulis: SARMARITA RAHMADHANI 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau merupakan provinsi terbesar yang berada di tengah-tengah Pulau Sumatera. Riau kental dengan kultur budaya khas Melayu.

Selain terkenal dengan kultur budayanya, Riau juga terkenal dengan makananya yang enak-enak mengundang lidah untuk mencicipnya. Tak heran banyak wisatawan merasa rugi jika tidak menyantap makanan khas Melayu Riau tersebut.

Berbagai jenis makanan khas Melayu Riau dengan banyak pilihan rasa bisa anda jumpai. Bagi kamu pecinta pedas, tak perlu khawatir untuk memanjakan lidah saat berada di Riau.

Makanan khas Riau yang pedas, gurih dan enak akan memanjakan lidah saat berkunjung ke negeri Melayu ini.

Lantas, apa saja makanan pedas khas Riau yang terkenal enak? Berikut 10 makanan pedas khas Riau terenak yang berhasil dihimpun RIAUONLINE.CO.ID.

1. Asam Pedas Baung

Asam Pedas Baung

Asam Pedas Baung (Foto: ambhaelectric.com)

Makanan khas Riau ini memiliki cita rasa pedas dan asam. Baung sendiri merupakan jenis ikan yang sekilas terlihat seperti lele dan patin. Ikan baung biasanya digoreng sebentar atau dimasukkan segar-segar ke kuali sebelum diberi kuah bercita rasa pedas dan asam.

Asam pedas baung biasanya disajikan dengan cah kangkung, udang goreng dan nasi panas. Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Riau ini, selalu tersedia di Pondok Asam Pedas Baung, Jalan Jenderal Sudirman, Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru, adalah tempat rekomendasi bisa kamu kunjungi.

2. Mie Sagu

Mie Sagu Kuah
Mie Sagu Kuah (Foto: Facebook/miesagubututi)


Makanan khas Riau satu ini merupakan makanan khas dari daerah Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau. Terbuat dari tanaman sagu yang tumbuh subur dan luas di kabupaten kepulauan tersebut.

Sagu ini diolah secara khas dicampur dengan sayuran serta daging, udang, dan telur sesuai selera. Mie sagu bisa disajikan berkuah ataupun sedikit kuah (basah). Biasanya mie sagu juga akan ditemani ikan teri goreng dan irisan cabai. Hmmmm… menggungah selera bukan?

Mie Sagu Basah

Mie Sagu basah (Foto: Facebook/miesagubututi)

Mie ini jarang ditemui di daerah lain, jika ingin mencicipinya kamu bisa pergi ke daerah Selatpanjang, kabupaten Meranti, Riau.

Namun ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi, jika tidak memiliki waktu lama dan sedang berada di ekanbaru. Kamu bisa mengunjungi Mie Sagu Bu Tuti di Jalan Ronggowarsito (belakang kampus Unri Gobah), Suka Maju, Sail, Pekanbaru, untuk menikmati kelezatan makanan khas Riau ini.

3. Sup Tunjang

Sop Tunjang dan Sambal Cabai Hijau

Sup Tunjang (Foto: Instagram/@stanzazone/@hungry_dash)

Belum lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Riau tapi belum mencicipi Sup Tunjang di Pekanbaru. Rasa segar, pedas, dan nikmat memanjakan lidahmu saat mecicipi makanan ini.


Memiliki kuah yang gurih dengan potongan sayuran, bawang goreng dan tentu saja tulang berbalut daging nan empuk dapat kamu nikmati saat memakan makanan ini.

Ditemani sambal hijau diolah secara khas akan menambah nikmatnya hidangan ini. Warung sup paling terkenal di Riau adalah Sup Tunjang Pertama, di Jalan Pinang I No 36, Wonorejo, Pekanbaru. Selain itu Sup Tunjang Pertama juga ada di Jalan Pemuda, Tampan.

Konon kedai sup ini adalah yang paling legendaris karena telah menyajikan sup tunjang selama 30 tahun dan tak pernah sepi pembeli.

4. Roti Jala

Roti Jala Kari Ayam Kampung

Roti Jala Kari Ayam Kampung Pedas (Foto: Instagram/@hungry_dash)

Roti Jala merupakan makanan traditional khas Riau terutama di daerah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Roti jala merupakan hidangan sering menghiasi meja masyarakat Melayu Riau saat acara pernikahan, acara penting dan Idul Fitri.

Roti jala terbuat dari adonan tepung gandum yang dibentuk seperti jaring, kemudian dihidangkan bersama kari ayam/ kari kambing pedas.

5. Mie Tarempa

Mie Tarempa

Mie Tarempa (Foto: montreation)

Makanan pedas khas Melayu Riau selanjutnya adalah Mie Tarempa. Tak kalah pedas dan gurih. Mie Tarempa termasuk dalam deretan makanan khas Melayu Riau bercita rasa pedas sering dicari wisatawan.

Mie tarempa merupakan mie pipih yang dimasak dengan campuran ikan tongkol dan dibumbui pedas khas Riau. Mie tarempa dapat disajikan kering, basah dan lembab sesuai selera.

6. Ikan Selais Pedas

Ikan Selais Goreng Sambal Cabai Merah

Ikan Selais Pedas (Foto: Instagram/@niladriana)

Makanan khas Riau ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa pedas. Ikan selais sendiri merupakan ikan khas Riau biasa hidup di perairan air tawar dan gambut.

Beberapa sungai seperti Sungai Kampar, Kuantan, Rokan, Inderagiri, dan Segati, menjadi habitat dari Ikan Selais.

Karena merupakan makanan pendamping, Ikan salais yang digoreng garing dengan sambal pedas khas Riau dapat dengan mudah kamu jumpai di rumah makan yang ada di Riau.

7. Gulai Belacan Bumbu Pedas

Sambal Belacan

Gulai Belacan (Foto: healty.co.id)

Didominasi rasa pedas, gulai belacan menjadi makanan khas masyarakat Melayu Riau kaya akan rempah dalam pengolahannya.

Nama belacan sendiri diambil dari nama suku berada di Riau. Seperti Namanya “belacan” memiliki arti terasi.

Makanan khas Riau ini memang dibuat dengan bahan dasar terasi atau udang dengan bumbu yang sangat pedas, namun nikmat. Tekstur daging udang yang sangat lembut dipadu dengan kuah santan kental yang tak jarang ditambah dengan cabe rawit tentu akan sangat menggugah selera.

8. Cincalok

Cincalok

Cincalok (Foto: aniesanurfitri)

Cincalok sebenarnya adalah makanan khas Kalimantan Barat, tapi kuliner ini justru lebih banyak ditemui di Pekanbaru dan kepulauan Riau.

Sambal ini memiliki cita rasa asam, asin, pedas, dan unik. Cita rasa unik ini karena menggunakan udang yang difermentasi.

Kuliner ini biasanya menjadi campuran atau pendamping kuliner lain. Sambal cincalok biasanya terdiri dari irisan cabai, bawang merah, bawang bombai, serta jeruk nipis yang dicampur dengan cincalok. Sambal ini biasanya disajikan dengan rebusan okra dan telur dadar. Sangat lezat!

9. Asam Pedas Ikan Patin 

Asam Pedas Ikan Patin

Asam Pedas Ikan Patin (Foto: Olivia Kitchen)

Gulai ikan patin asam pedas merupakan makanan khas Melayu Riau wajib untuk dinikmati. Ikan patin dengan kuah kental dibuat dengan rempah pilihan memiliki cita rasa asam dan pedas.

Tekstur ikan yang lembut juga menambah kelezatan hidangan ini. Gulai ikan patin asam pedas sangan ccocok jika dinikmati dengan sepiring nasi panas.

10. Mie Lendir

Mie Lendir

Mie Lendir (Foto: Instagram/@meiyenz_tan_11)

Meskipun jarang terdengar, mie lendir merupakan makanan khas Riau yang kelezatannya sangat dipengaruhi oleh suku melayu menjadi masyarakat terbesar di Riau.

Hidangan ini identik dengan penggunaaan rempah melimpah menjadikan makanan khas Riau termasuk dalam jenis makanan yang kaya akan cita rasa.

Mie lendir merupakan mie kuning dengan kuah kental memiliki cita rasa pedas. Bahan dasar kuah terbilang unik karena terdiri dari kacang tanah, ubi, dan beberapa bumbu khas lainnya. Sebagai pelengkap mie lendir akan ditambahkan potongan cabai rawit, telur rebus, dan tauge.

Itulah 10 makanan pedas khas Riau terenak yang sayang untuk dilewatkan. Tertarik untuk mencoba? Yuk, berkunjung ke Riau!