Pekerja Hamil di PT RAPP Diberi Tanda Khusus Warna Kuning saat Bekerja

Asosiasi-Serikat-Pekerja-Riau-Kompleks4.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bagi perusahaan sebesar PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), kesehatan dan keselamatan para pekerja merupakan hal paling utama. Termasuk di antaranya menjalin kerjasama dengan fasilitas kesehatan di Riau. 

Manager Sumberdaya Manusia PT RAPP, Elwan Jumandri, Kamis, 14 November 2019, menyebutkan, saat ini ada 40 klinik perusahaan tersebar di seluruh daerah operasional di Riau.

Perusahaan berpusat di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan ini, juga menyediakan vitamin penambah darah bagi ratusan ribu para pekerja perempuan.

Elwan menuturkan, tak hanyta pemberian vitamin semta saja, PT RAPP juga menyediakan ruangan laktasi khusus untuk ibu menyusui bayinya.

Para pekerja perempuan juga diizinkan memompa ASI ketika jam kerja sedang berlangsung. "Semua itu agar para ibu tetap bisa memberikan ASI eksklusif kepada anaknya walaupun sedang bekerja," katanya.


Sementara itu, jelas Elwan, karyawan hamil diberikan pita khusus berwarna kuning. Itu tandanya ia sedang mengandung sehingga karyawan lain dan atasan mereka mengetahuinya.

"Jadi perempuan tersebut tidak diberikan pekerjaan berpotensi mengganggu kandungannya," terang Elwan dilansir dari antara

Perusahaan juga menyediakan pelayanan kesehatan dengan mendatangkan tenaga medis serta dokter spesialis kandungan guna menjaga dan merawat para pekerja tetap sehat sebelum maupun sesudah melahirkan.

Hak-hak pekerja perempuan lainnya, kata Elwan, dimasukkan dalam perjanjian bersama Serikat Pekerja. Melihat kondisi itu, tak heran PT RAPP tak aneh jika menerima penghargaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dari Kementerian Kesehatan RI.

GP2SP merupakan program dibuat Kementerian Kesehatan bersama tiga kementerian lainnya, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak.

Penilaian dilakukan didasari empat fokus utama, antara lain fasilitas ruang pemberian ASI, kesehatan reproduksi, pemberian gizi dan pencegahan penularan penyakit.

Sebagai perusahaan pengolahan bubur kayu dan kertas terkemuka di Asia, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) terus berupaya memelihara kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Sumber daya manusia tersebut antara lain kaum wanita yang dikenal memiliki fungsi alamiah dasar yang tak dipunyai oleh kaum pria, seperti hamil, menyusui, atau saat menstruasi. Olehnya perilaku khusus perusahaan terhadap pekerja Kaum Hawa tersebut sudah ada dan terus ditingkatkan.