Cegah Sakit Kepala Setelah Berlama-Lama Menatap Laptop

Sakit-Kepala.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Pada masa kini tidak jarang lagi segala aktivitas sehari-hari dibantu komputer, laptop maupun hanphone android.

Hal ini tak ayal memberikan risiko sering sakit kepala pada pengguna komputer yang bisa berjam-jam menatap layar.

Kondisi ini tentu bisa menghambat aktivitas dan pekerjaan Anda. Untuk itu, agar pekerjaan dan kegiatan dapat berjalan lancar, Anda perlu mengatasi rasa sakit ini. Sebenarnya, bagaimana bisa menatap layar komputer terus-terusan bikin sakit kepala? Bagaimana cara mengatasinya?

Di dalam dunia kesehatan, terdapat istilah CVS atau Computer Vision Syndrome alias sindrom penglihatan komputer. Sindrom yang berkaitan dengan komputer ini dapat memengaruhi kesehatan mata dan area leher hingga kepala Anda.

Oleh karena itu, tidak jarang orang yang terlalu lama melihat layar komputer mengeluhkan sakit kepala dan memiliki masalah penglihatan. Kondisi ini disebabkan oleh fokus dan gerak mata yang hanya tertuju pada satu arah dalam waktu yang lama.

Semakin lama Anda memerhatikan satu titik, semakin berat pula dampak yang ditimbulkan.

Umumnya, sakit kepala akibat terlalu lama melihat layar komputer disebabkan oleh mata yang kurang beristirahat. Itu sebabnya, salah satu cara paling ampuh mengatasi masalah ini adalah beristirahat.

Selain menjauhkan diri layar komputer, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut dilansir Hello Sehat.

1. Latihan pernapasan

Pada saat sedang duduk di depan layar komputer, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan sambil menutup mata.

Mulailah mengambil napas dengan panjang dan perlahan beberapa kali, lalu buang secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai sakit kepala Anda terasa berkurang.

2. Meditasi


Meditasi di kantor? Tentu saja bisa. Hal ini dapat dilakukan secara sederhana dengan berfokus pada hal-hal yang membuat Anda nyaman. Mulai dari lingkungan, alam sekitar, atau apa pun yang menjauhkan diri Anda dari tumpukan pekerjaan.

Walaupun hanya dapat dilakukan di waktu senggang, setidaknya dengan melakukan meditasi, rasa sakit kepala yang muncul akibat terus-menerus menatap layar komputer dapat sedikit teratasi.

3. Memperbaiki postur tubuh

Pada saat bekerja di balik komputer, terkadang postur tubuh Anda salah, sehingga berdampak pada rasa sakit di kepala. Misalnya, posisi leher yang tidak nyaman dapat membuat area kepala Anda terasa tertekan.

Oleh karena itu, memperbaiki postur tubuh menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala saat melihat layar komputer. Hal tersebut dapat dilakukan dengan:

Memosisikan layar komputer sejajar dengan mata Anda. Setidaknya, bagian tengah layar berjarak 50-60 cm dari mata Anda.

Memeriksa posisi bahu saat sedang mengetik. Jika tidak terasa nyaman, cobalah untuk lebih rileks.

Usahakan agar lengan tidak tertumpu pada keyboard.

Mengatur tinggi kursi agar kaki Anda dapat menapak di lantai.

4. Mengatur pencahayaan komputer

Selain postur dan posisi layar, Anda juga dapat mengatur pencahayaan komputer agar sakit di kepala akibat melihat layar komputer dalam waktu lama dapat terasa lebih ringan.

Jika terlalu terang, mata Anda akan memperoleh terlalu banyak cahaya dan membuat mata sakit. Sebaliknya, terlalu gelap pun menyulitkan Anda untuk melihat, dan membuat mata bekerja lebih keras dan berujung sakit kepala.

5. Minum obat

Jika sakit kepala tidak kunjung reda bahkan sampai mengganggu aktivitas serta pekerjaan Anda, mungkin mengonsumsi obat dapat menjadi salah satu jalan keluarnya.

Berikut ini beberapa obat-obatan yang dapat mengatasi sakit kepala akibat menatap layar komputer:

Acetaminophen
Aspirin
Kafein
Ibuprofen
Naproxen

Menatap layar komputer yang memancarkan sinar radiasi memang dapat membuat mata dan kepala sakit. Itu sebabnya, beristirahatlah sebelum gejalanya semakin memburuk.

Sakit kepala tak kunjung sembut dengan tips di atas, penting untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui perawatan lainnnya.

 

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Lama Menatap Laptop Bikin Sakit Kepala, Ini 5 Tips Mengatasinya