Minum Kopi Tiga Sampai Delapan Gelas Sehari Memperpanjang Umur?

Kopi-Kafein.jpg
(VOIAINDONESIA.COM)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Banyak yang bilang bahwa minum kopi melebihi dari ukuran standar sangat membahayakan bagi kesehatan. Terlebih bagi penggemar kopi yang bisa minum kopi lima hingga delapan gelas sehar.

Namun studi satu ini justru beranggapan lain. Penelitian terkini menyebutkan minum kopi tiga hingga delapan gelas sehari akan memperpanjang umur.

Mengutip Medical Daily, temuan yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association ini menemukan konsumsi yang disarankan adalah 3-8 cangkir sehari.

Tak cuma bikin panjang umur, penelitian juga mengungkap konsumsi kopi dalam jumlah banyak juga dapat meningkatkan kelembapan kulit, membuat tubuh lebih terjaga dan membantu Anda dalam mempertahankan pandangan yang positif.

Untuk mengarah pada temuan ini peneliti menganalisis peminum kopi berusia 38 hingga 73 tahun di Inggris untuk mendapatkan gambaran bagaimana tubuh menyerap kafein dan apakah hal itu dapat meningkatkan risiko kematian.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum satu hingga delapan cangkir kopi bubuk, instan dan tanpa kafein lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal daripada orang yang tidak doyan kopi.

"Mereka yang juga minum 8 cangkir kopi per hari berisiko lebih rendah terkena rosacea yang merupakan masalah kulit yang umum dialami orang. Alasannya kafein dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh," bunyi studi tersebut.

Penelitian ini dilakukan untuk menengahi anggapan bahwa konsumsi kopi dapat menyebabkan beberapa kanker dan penyakit kardiovaskular. Selain itu peneliti juga ingin membuktikan bahwa orang yang doyan mengonsumsi kopi cenderung lebih fokus dalam mengerjakan tugas dibandingkan mereka yang tidak menyeruput kopi sama sekali.

"Dengan demikian, kopi tidak hanya meningkatkan harapan hidup, memperbaiki kesehatan kulit, meningkatkan metabolisme dan kewaspadaan tapi juga dapat memancarkan sikap positif," tandas peneliti.

 

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Minum Kopi 3-8 Cangkir Sehari Bikin Panjang Umur Lho