Risiko Penyakit Ini Turun Jika Makan Malam Sebelum Jam 9

makanan-anti-penuaaan.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Peneliti dari Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal) di Spanyol memaparkan makan sebelum jam 9 malam dipercaya dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker payudara dan prostat.

"Studi kami menyimpulkan bahwa kepatuhan terhadap pola makan diurnal (giat siang) sangat terkait dengan risiko kanker yang lebih rendah. Penemuan ini menyoroti pentingnya menilai ritme sirkadian dalam studi tentang diet dan kanker," kata penulis utama penelitian, Manolis Kogevinas seperti dilansir dari Suara.com, Mimggu 2 September 2018.

Untuk penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, tim menganalisis data dari 621 kasus kanker prostat dan 1.205 kasus kanker payudara, dan 872 laki-laki serta 1.321 perempuan.

Para peserta diwawancara tentang waktu makan, kebiasaan tidur dan chronotype atau atribut individu yang berhubungan dengan preferensi aktivitas pagi dan malam hari mereka.

Para peserta juga diminta mengisi kuesioner tentang kebiasaan makan dan kepatuhan terhadap rekomendasi pencegahan penyakit kanker.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa pasien kanker lebih mungkin terjadi pada mereka yang sering makan saat larut malam.

"Jika temuan ini dikonfirmasi, mereka akan memiliki implikasi untuk rekomendasi pencegahan kanker, yang saat ini tidak memperhitungkan jam saat makan," kata Kogevinas.

Diketahui, kanker payudara dan prostat termasuk jenis kanker yang paling berhubungan dengan kerja shift malam, makan malam, gangguan sirkadian dan perubahan irama biologis.