Kurang Bergerak Menjadi Pemicu Perut Buncit

perut.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Perut buncit menjadi masalah serius bagi penampilan anda. Bukan hanya itu, perut yang besar juga dapat menjadi masalah kesehatan tubuh. Perut buncit akibat dari penumpukan lemak yang menumpuk yang terpusat.

Dalam istilah medis disebut obesitas sentral atau obesitas perut (abdominal obesity).

Penyebab lemak senang menumpuk di perut dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, pakar gizi sekaligus Sekretaris Indonesia Nutritional Association (INA), Saptawati Bardosono menjelaskan hal tersebut.

"Makanan yang masuk diubah jadi lemak. Lemak yang berkumpul di perut karena orang kurang bergerak. Misal, dia cuma duduk saja," kata Tati, sapaan akrabnya, ditulis Selasa (21/8/2018).

Bagi seseorang yang hanya duduk, menonton, dan makan, perilaku itu jauh lebih berbahaya. Lemak akan semakin menumpuk di perut.

Tati menyarankan, guna menghindari penumpukan lemak di perut, seseorang perlu mengatur pola makan. Menggabungkan pola makan seimbang dan olahraga teratur membuat seseorang terhindar dari penumpukan lemak perut.

"Dibantu olahraga juga untuk hilangkan lemak di perut. Kita enggak bisa cuma ke dokter gizi aja, tapi ke dokter olahraga. Dokter olahraga yang ikut bantu meresepkan gerakan olahraga apa yang cocok," saran Tati.

Anda pun perlu banyak bergerak. Hindari duduk terlalu lama.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Penyebab Lemak Lebih Senang Menumpuk di Perut.