Aktual, Independen dan Terpercaya


Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Seputar Kesehatan, IMK Beri Penyuluhan Gratis

Mahasiswa-kedokteran.jpg
(Hasbullah Tanjung)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Regional Riau menggelar kegiatan gerakan masyarakat sehat 2018 dengan tema "Non Communicable Disease (NCDS) / Penyakit Tidak Menular dan HIV/AIDS".

Acara yang diikuti 80 orang di Limbungan, Rumbai, Pekanbaru ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

"Kita juga ingin menjalin tali silahturahim antar sesama mahasiswa kedokteran se-Riau yaitu mahasiswa kedokteran Universitas Abdurrab dan Universitas Riau," ujar Ketua Panitia, Sindi Mutiara Irawati, Minggu, 22 April 2018.

Diharapkan, dengan penyuluhan ini masyarakat dapat memahami aspek tentang ilmu-ilmu yg terkait dan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan bahayanya penyakit menular dan penyakit tidak menular.

"Sehingga masyarakat mampu menjaga kesehatan serta dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yg terkait pada materi penyuluhan ini," tambahnya.

Adapun Narasumber yang dihadirkan yaitu dr. Althof Fathan Amsaka membahas tentang HIV/Aids , dr. Santi Widiasari membahas tentang ginjal, dan yang terakhir dr. Huda Marlinawati membahas tentang Basic Life Support.

Selain penyampaian materi, kegiatan ini juga diisi dengan beragam kegiatan lainnya, seperti Senam Bersama, penyuluhan dan di akhiri dengan pengobatan gratis kepada masyarakat.

"Acara ini sangat bagus karna sangat membantu masyarakat di sini dan pada saat senam bisa membantu masyarakat lebih sehat lagi," ungkap Ketua RT setempat, Itabel.

Selain itu, warga setempat Omegawati, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini, terlebih ada kegiatan senam sehat.

"Kalau sendiri saya sering malas senamnya, tapi kalau sama-sama gini saya semangat, semoga acara ini ada lagi ya," harapnya.(2)