Ini 4 Makanan Sehat Bagi Penyandang Kolesterol

langsing-diet-olahraga.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kadar kolesterol tinggi dalam darah harus dikendalikan, terutama dengan pengaturan diet yang sehat dan tepat. Sangat dianjurkan untuk tidak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak serta kalori berlebihan. Di samping itu, pilihlah makanan yang mengandung banyak serat seperti yang ada pada buah dan sayur.

 

Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com dr. Muhammad Anwar Irzan menjelaskan untuk anda makanan-makanan lain yang penting untuk dikonsumsi penyandang kolesterol tinggi:

 

1. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan yoghurt. Studi menunjukkan bahwa Anda dapat menurunkan kolesterol sekitar 6%, dengan mengonsumsi 15 gram protein kedelai per hari. (KLIK: Ups, Buru-buru Pasang Karet Pengaman Picu Penyakit Menular)

 


2. Kacang

Kacang kaya akan serat, lemak tak jenuh, vitamin E, magnesium, kalium, dan sejumlah nutrisi yang bermanfaat. Mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak 30-35 gram per hari dapat membantu menurunkan kolesterol sekitar 5%. Hindari kacang yang digoreng atau kacang camilan siap saji.

 

3. Gandum

Gandum membantu mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal itu terjadi karena gandum mengandung serat yang disebut beta glukan. Konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari dipercaya dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. (BACA: Tidur Setelah Makan Siang Bikin Gemuk?)

 

 

4. Makanan kaya sterol dan stanol

Sterol dan stanol secara alami ditemukan dalam berbagai makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayur. Asupan sterol dan stanol sebanyak 1.5-2.4 gram setiap hari telah terbukti menurunkan kolesterol sekitar 7-10% dalam 2-3 minggu. Mereka bekerja dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol dalam usus. (Klikdoter.com)