Ini Cara Sehat Usai Begadang Menonton Bola

Begadang.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Begadang terkadang sering dilakukan untuk beberapa keperluan baik itu pekerjaan ataupun untuk sekedar menyaksikan tim sepakbola kesayangan berlaga. Padahal waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental dan dibutuhkan untuk mendapatkan enegi.

 



Begadang dapat menyebabkan kelelahan pada tubuh (fatigue). Kelelahan ini dipicu akibat terforsirnya fisik dan

mental untuk bekerja yang melampau batas kemampuan waktu biasanya.

 

 


Dilansir dari laman klikdokter.com, berikut kiat-kiat untuk mengantisipasi resiko kelelahan akibat begadang.

 

 


1. Cukup Jam Tidur

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan durasi jam tidur selama 6 jam dalam sehari. Ada baiknya untuk mencukupi jam tidur yang telah tersita akibat begadang. Segeralah memenuhi waktu tidur Anda berkurang, jika tubuh talh menunjukkan kelelahan dan mengantuk.

 



2. Camilan dan Minuman

Guna mendukung aktivitas Anda saat begadang ternyata asupan nutrisi juga ikut menentukan kondisi kesehatan. Memilih kopi, rokok dan makanan kemasan ataupun gorengan sebagai kuliner saat begadang bukanlah pilihan yang tepat. 

 



Sebaiknya pilihlah teh dan makanan yang direbus serta hindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi, rokok dan alkohol. Perbanyak asupan cairan Anda.

 



3. Rutin Berolahraga

Untuk persiapan jangka panjang begadang dianjurkan untuk melakukan olahraga. Olahraga secara rutin dapat membuat kondisi tubuh menjadi berstamina dari biasanya. Selain itu, tubuh juga akan memiliki daya tahan yang lebih baik.

 



Kelelahan akibat begadang dapat menurukan daya tahan tubuh sehingga mudah terinfeksi virus penyebab penyakit.

 



Dampak buruk lainnya akibat begadang dapat menyebabkan kondisi dispepsia, maag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipertensi, stroke dan serangan jantung.