Suka Gorengan? Inilah Bahaya Pakai Minyak untuk Menggoreng Berkali-kali

Minyak-Kelapa-Sawit.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Anda suka gorengan apakah itu pisang, tahu isi, ubi rambat, singkong, bahkan tape goreng? Kalau iya, cobalah berhati-hati dan tanyakan ke penjual gorengnya, apakah minyak yang digunakan tersebut baru pertama kali dipakai atau sudah beberapa kali pakai. 

 

Pada prinsipnya, makanan digoreng dasarnya tidak menyehatkan, hampir bisa dipastikan makanan digoreng dengan minyak goreng digunakan berulang berkali (jelantah) diyakini lebih berbahaya. (Baca Juga: Anda Sering Menggoreng Pakai Minyak Sawit? Ini Bahaya Mengintainya

 

Terkadang di rumah atau restoran, dilansir dari klikdokter.com, minyak goreng di dapurnya digunakan secara berulang-ulang kali. Atau umum disebut dengan istilah jelantah.

 

Sehatkah hal tersebut? Hal yang pasti, tidak sehat. Kenapa bisa demikian? Berikut penjelasannya.

 


Penggunaan minyak goreng yang berulang kali mengakibatkan oksidasi dan hidrogenasi dari minyak. Jika makanan yang digoreng menggunakan jelantah berpotensi menimbulkan peradangan dan kerusakan sel di tubuh saat dimakan. Lebih lanjut, kerusakan sel yang ada juga menenggarai penyakit diabetes. (Klik Juga: Stop. Jangan Makan Gorengan Jika Anda Sakit Magh

 

Bahaya Jelantah untuk Wanita yang Ingin Hamil


Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia menemukan, perempuan yang mengkonsumsi makanan dengan teknik masak digoreng secara rutin sebelum kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita diabetes gestasional (suatu jenis kondisi diabetes yang ditemukan pada awal kehamilan).

 

Menariknya adalah asosiasi makanan gorengan dengan timbulnya diabetes selama kehamilan ini lebih tinggi apabila dikaitkan dengan makanan gorengan yang dibeli di luar rumah seperti di rumah makan. (Lihat Juga: Anda Ingin Awet Muda? Inilah Daftar Makanan Mesti Dikonsumsi

 

Penelitian ini melakukan penelitian terhadap 15 ribu perempuan dengan melihat Index Masa Tubuh (IMT) mereka. Dari situ peneliti menemukan wanita mengkonsumsi 7 atau lebih makanan gorengan dalam seminggu memiliki 88 persen risiko untuk terkena diabetes gestasional dibandingkan dengan wanita yang hanya mengkonsumsi makanan gorengan satu kali dalam seminggu.

 

Kita semua pasti mengetahui bahwa makanan gorengan memang bukan makanan yang sehat, namun ternyata makanan jenis itu justru berbahaya untuk kesehatan.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline