Ini 7 Langkah Mudah Jaga Mata Anda

Mata-Berair.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Apa yang terjadi, jika mata kita sudah mengalami kemunduran fungsi dan gangguan pada penglihatan? Tentu kenikmatan hidup perlahan-lahan mulai kurang bisa dinikmati. 

 

Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi. 

 

Banyak sekali penyakit mata mungkin tidak asing di telinga kita, seperti miopi atau rabun jauh, presbiopi atau tidak dapat melihat benda berjarak jauh maupun dekat. 

 

Selain itu, ada namanya katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak dapat membedakan aneka warna. Berbagai penyebab penyakit tersebut dapat menimpa mata anda, seperti dikutip dari intips-kesehatan.blogspot.com. 

 

Seperti miopi yang banyak menimpa kalangan pelajar dan mereka yang sangat hobi dalam membaca buku. Untuk lebih memahami dan mengerti cara menjaga kesehatan mata yang benar, Berikut ini 7 tips RIAUONLINE sajikan menjaga mata dengan cara mudah: 

 

1. Perhatikan Jarak Membaca Buku

Usahakan membaca buku pada jarak ideal 30 cm dari buku ke mata. Ini mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.


2. Jangan Sambil Tiduran

Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.


3. Pencahayaan Cukup

Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. Alasannya, penerangan kurang dapat menganggu kesehatan mata.


4. Istirahatkan Mata

Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.


5. Jangan Kucek Mata

Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.

 

6. Kedipkan Mata

Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.

 

 

7. Makanan Untuk Mata

Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline