Foto Bugil AI Mliknya Viral, Nama Taylor Swift Sempat Hilang di X

Taylor-Swift3.jpg
(Twitter)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Nama Taylor Swift mendadak viral karena foto telanjangnya menggunakan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) beberapa waktu lalu. Nama Taylor Swift sempat tidak bisa dicari di X alias Twitter usai viral foto porno dirinya beredar.

Berdasarkan penelusuran Suara.com di X pada Minggu (28/1/2024) pukul 12.12 WIB, nama Taylor Swift kini tidak bisa ditemukan di kolom pencarian. Kasus ini mirip seperti Mahfud MD yang terjadi di Indonesia beberapa hari lalu.

Hal ini terjadi setelah beredarnya deepfake AI berbentuk foto Taylor Swift telanjang. Diketahui gambar ini dibuat dengan AI yang memadukan foto palsu dan asli.

Kemungkinan, cara AI mengedit foto Taylor Swift itu yakni dengan mengambil foto asli dan membuatnya jadi bugil, sebagaimana dilansir dari CNBC International, Minggu (28/1/2024).


Tidak jelas dari mana asal foto AI Taylor Swift dibuat. Namun gambar tersebut menyertakan watermark dari sebuah situs web.

Situs tersebut memang terkenal untuk membuat foto forno editan hasil AI. Bahkan laman itu memiliki opsi ke orang-orang untuk membuat AI deepfake.

Diketahui foto bugil Taylor Swift AI ini telah dilihat lebih dari 27 juta kali dan mendapatkan lebih dari 260 ribu suka hanya dalam 19 jam. Kini akun yang menyebarkannya sudah diblokir.

Banyak penggemar Taylor Swift mengatakan deepfake tersebut dihapus karena pelaporan massal. X sendiri pernah dikecam karena gagal dalam mengatasi deepfake seksual eksplisit yang muncul di situs tersebut.

Swifties, sebutan untuk fans Taylor Swift, bahkan membanjiri tagar 'Taylor Swift AI' dengan pesan-pesan positif untuk idolanya. Tagar 'Protect Taylor Swift' pun ikut digaungkan oleh fans dikutip dari suara.com