Sederet Bintang Hollywood Desak Presiden AS Fasilitasi Gencatan Senjata Israel-Hamas

perang-israel-vs-hamas.jpg
((Twitter @ritly_))

RIAU ONLINE - Sederet bintang Hollywood mendesak Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk menyerukan agar memfasilitasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas, Jumat, 20 Oktober 2023.

Di antara selebriti tersebut Cate Blanchett, Joaquin Phoenix, Ramy Youssef hingga Andrew Garfield, menyampaikan hal itu dalam surat kepada Biden.

Belasan nama papan atas dalam dunia hiburan meminta Biden berupaya mencapai "deeskalasi dan gencatan senjata segera di Gaza dan Israel sebelum ada korban jiwa lagi."

“Kami mendesak pemerintahan Anda, dan semua pemimpin dunia, untuk menghormati semua nyawa di Tanah Suci dan menyerukan serta memfasilitasi gencatan senjata tanpa penundaan – diakhirinya pengeboman di Gaza, dan pembebasan sandera secara aman,” kata pernyataan tersebut dalam surat, dirilis oleh artist4ceasefire.org, dikutip dari VOA Indonesia, Minggu, 22 Oktober 2023.


“Menyelamatkan nyawa adalah kewajiban moral.”

Sementera itu, Israel telah bersumpah untuk menghandurkan Hamas usai kelompok Islam itu melancarkan serangan mendadak dari Jalur Gaza pada 7 Oktober. Menurut pejabat Israle, serangan itu menewaskan sedikitnya 1.400 orang, sebagian besar warga sipil.

Israel meratakan seluruh blok di Kota Gaza sebagai persiapan untuk invasi darat yang mereka katakan akan segera dilakukan. Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan lebih dari 4.000 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, tewas dalam serangan gencar tersebut.

Surat yang dilayangkan pada Jumat (20/10), yang juga ditandatangani oleh Jon Stewart, penyanyi Dua Lipa, Susan Sarandon dan Channing Tatum, muncul seminggu setelah ratusan tokoh Hollywood menandatangani surat terbuka yang mengutuk “tindakan biadab” yang dilakukan Hamas.